Tim Nasional | Detail

Mencari Solusi Rapuhnya Lini Pertahanan Timnas Indonesia di Babak Kedua

Furqon Al Fauzi
Jum'at, 08 Oktober 2021, 11:22 WIB
Mencari Solusi Rapuhnya Lini Pertahanan Timnas Indonesia di Babak Kedua
Indonesia sukses kalahkan Taiwan 2-1 di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) (Foto: PSSI)

BURIRAM - Lini pertahanan Timnas Indonesia nyaris tampil sempurna saat menghadapi Timnas Taiwan pada leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) malam. Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1 atas Taiwan di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand.

Sepanjang pertandingan, tim asuhan Shin Tae-yong mampu mendominasi permainan. Bahkan, rapatnya barisan pertahanan timnas membuat para pemain depan Taiwan tak banyak melakukan aksi berbahaya terutama selepas 10 menit pertama.

Namun sayang kelengahan di menit-menit akhir pertandingan, membuat Taiwan berhasil mencuri gol tandang yang bisa sangat berarti bagi mereka di leg kedua pada Senin (11/10/2021) nanti. Duet bek veteran Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto sejatinya tampil apik dalam menjaga jantung pertahanan.

Keduanya tampil lugas dalam menghentikan upaya para pemain Taiwan membahayakan gawang kawalan Muhammad Riyandi. Meski begitu, untuk mengamankan tempat lolos ke babak kualifikasi utama Piala Asia 2023, timnas Indonesia tentu wajib tampil lebih baik pada leg kedua nanti.

Terutama dalam hal meningkatkan fokus dan stamina jelang menit-menit krusial. Usia yang tak lagi muda dari Igbonefo (35 tahun) dan Fachrudin (32), membuat keduanya butuh penopang untuk menjadi lebih solid.

Shin Tae-yong sejatinya masih memiliki sejumlah pemain bertahan yang bisa difungsikan sebagai bek tengah. Mereka antara lain Ryuji Utomo, Rizky Ridho, dan Vava Mario Yagalo. Nama pertama mungkin paling bisa diandalkan lantaran memiliki jam terbang internasional yang memadai menghadapi pertandingan dengan intensitas tinggi.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1614 seconds [13]