Tim Nasional | Detail

Memori Piala AFF 2010: Kalah dari Malaysia dan Isu Pengaturan Skor

Hadi Febriansyah
Selasa, 30 November 2021, 12:36 WIB
Memori Piala AFF 2010: Kalah dari Malaysia dan Isu Pengaturan Skor
Timnas Indonesia tahun 2010 (Istimewa)

TIMNAS Indonesia memiliki masa kelam ketika bermain di Piala AFF. Tahun 1998, Skuat Garuda diisukan dengan sepak bola gajah. Tahun 2010 mereka juga diisukan dengan masalah pengaturan skor yang menimpa Timnas Indonesia.

Pada Piala AFF 2010, Timnas Indonesia sebenarnya tampil luar biasa. Berisikan skuat yang cukup mumpuni di masa itu, ditambah lagi dengan di naturalisasinya Christian Gonzales dan pemain keturunan Irfan Bahcdim membuat skuat ini terkesan mewah.

Tidak hanya itu saja, euforia di Stadion Utama Gelora Bung Karno seperti kembali bahkan lebih banyak penontonnya dibandingkan dengan Piala Asia 2007 silam. Saat itu, Timnas Indonesia dilatih oleh pelatih asal Austria ALfred Riedl.

Di bawah asuhan Alfred Riedl dan bermain di rumah sendiri, Timnas Indonesia tampil garang sejak babak penyisihan. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan meyakinkan 5-1 atas Malaysia.

Tidak sampai disitu saja, pada pertandingan kedua melawan Laos, kembali Timnas Indonesia meraih kemenangan besar. Kali ini Firman Utina dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan 6-0 atas Laos. Kemenangan ini semakin mengukuhkan Timnas Indonesia sebagai pemuncak klasemen Grup A.

Pada pertandingan terakhir babak penyisihan, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan meyakinkan 2-1 atas Thailand. Ini menjadi pertandingan penting yang membuat mental para pemain Timnas Indonesia meningkat saat bermain di semifinal Piala AFF 2010.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1164 seconds [13]