Tim Nasional | Detail

Memasuki Tiga Tahun Masa Kepelatihan, Shin Tae-yong Nilai Mental Timnas Indonesia Berubah

Basudiwa Supraja
Rabu, 22 Juni 2022, 09:30 WIB
Memasuki Tiga Tahun Masa Kepelatihan, Shin Tae-yong Nilai Mental Timnas Indonesia Berubah
Shin Tae-yong saat merayakan ulang tahunnya (PSSI)

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kian bangga melihat perubahan yang terjadi pada anak didiknya. Menurutnya saat ini para pemain Timnas Indonesia secara mental telah berubah drastis.

Skuad Garuda kini dinilai memiliki mental baja di atas lapangan maupun di luar. Salah satu bukti terbesarnya adalah saat Timnas Indonesia berhasil menang comeback 2-1 atas tuan rumah, Kuwait, di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Meski telah memasuki tahun ketiga masa kepelatihannya, sejatinya Shin Tae-yong baru bisa mendidik para pemain secara efektif selama hampir setahun. Pasalnya, sejak resmi dikontrak pada 2020 lalu, pandemi Covid-19 membuat dirinya harus menunda pertemuan dengan para pemain.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memprotes buruknya perlakuan Panitia SEA Games 2021 (Foto: PSSI)

"Saya sudah melatih Indonesia selama dua setengah tahun, tetapi sudah sekitar satu tahun sejak saya benar-benar bekerja dengan para pemain. Saya tidak bisa berlatih atau bermain karena Covid-19. Liga juga ditangguhkan selama sekitar dua tahun," ujarnya, dikutip dari Newsis, Rabu (22/6/2022).

"Saya mencoba mengubah bagian mental para pemain lebih dari apa pun, dan itu berubah. Mungkin karena para pemain," tambahnya kemudian.

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong telah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020 dengan mayoritas pemain muda. Pada SEA Games 2021 lalu, Shin Tae-yong kemudian merebut medali perunggu bersama skuadnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1380 seconds [12]