F1 | Detail

Melempem di F1 GP Turki 2021, Lewis Hamilton Salahkan Mercedes

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 11 Oktober 2021, 02:10 WIB
Melempem di F1 GP Turki 2021, Lewis Hamilton Salahkan Mercedes
Lewis Hamilton salahkan strategi Mercedes jadi penyebab dirinya gagal tampil maksimal di F1 GP Turki 2021 (FOTO: REUTERS/Umit Bektas).

ISTANBUL - Pembalap tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton menyalahkan strategi timnya sehingga ia melempem pada GP Turki 2021, Minggu (10/10/2021). Hamilton kesal karena gara strategi Mercedes, dirinya gagal capai podium.

Dalam keadaan lintasan basah, Hamilton yang memulai balapan dari posisi ke-11 sebenarnya mampu tampil apik. Dia terus menyalip para rival yang berada di depannya, sehingga sempat berada di posisi ketiga.

Namun, pada akhirnya pembalap asal Inggris tersebut harus mengganti ban pada putaran ke-51. Dia berharap ban yang lebih segar dapat membantunya semakin cepat.

Hanya saja, keputusan mengganti ban ternyata malah berakibat fatal. Karena kondisi lintasan yang mulai mengering, maka kondisi ban intermediate jadi tak ideal sehingga memaksa Hamilton untuk mengganti ban lebih awal.

Pada akhirnya, Hamilton mengakhiri balapan di peringkat kelima. Sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas menjadi pemenang, dan Max Verstappen menempati posisi kedua.

“Bannya sudah mulai botak, tetapi tidak ada yang tahu sejauh apa bisa bertahan. Tentu ada kekhawatiran mengenai usia ban. Tetapi, saya juga tidak bisa terlalu cepat pada akhir,” kata Hamilton dikutip Autosport.

“Saya kesulitan akibat tingkat traksi yang rendah. Saya tak yakin mengapa. Saya mendadak di posisi yang tidak buruk. Namun, saya juga kehilangan performa. Secara sekilas, mungkin seharusnya saya tetap menggunakan bannya  atau mengganti ban lebih awal,” ujarnya.

“Karena jika mengganti ban dengan delapan putaran tersisa, saya tak akan punya waktu untuk menekan. Saya nyaris kehilangan empat posisi. Sedikit frustasi, namun keadaannya seperti itu,” tutur Hamilton.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3001 seconds [13]