logo
F1 | Detail

Max Verstappen Pecahkan Rekor Kemenangan Terbanyak Dalam Satu Musim F1

Andhika Khoirul Huda
Senin, 31 Oktober 2022, 19:02 WIB
Max Verstappen Pecahkan Rekor Kemenangan Terbanyak Dalam Satu Musim F1
Max Verstappen (Foto: REUTERS)

MEXICO CITY – Pembalap Red Bull, Max Verstappen, menorehkan sejarah baru dalam dunia F1 2022. Bagaoimana tidak pembalap asal Belanda ini, berhasil memecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah F1.

Verstappen menjadi yang terbaik dalam balapan di Sirkuit  Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, yang berlangsung pada Senin (31/10/2022). Dia tampil dominan dengan mengasapi sang rival, Lewis Hamilton dan Sergio Perez.

Dilansir dari Instagram Formula 1, @F1, pada Senin (31/10/2022), pembalap berusia 25 tahun itu memecahkan rekor tersebut dengan memenangkan 14 balapan musim ini. Jumlah tersebut, satu angka lebih banyak dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

Empat belas kemenangan yang diraih pembalap asal Belanda itu tahun ini dicapai dalam balapan di Arab Sudi, Imola, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, Prancis, Hungaria, Belgia, Belanda, Italia, Jepang, Amerika Serikat dan Meksiko. 

Di Meksiko sendiri, dia telah berjaya sebanyak empat kali, yakni pada edisi 2017, 2018, 2021 dan 2022. Rekor 14 kemenangan itu pun masih bisa diperpanjang lagi. Sebab, F1 2022 masih menyisakan dua balapan lagi di Brasil dan Abu Dhabi.

Sebagai informasi, rekor sebelumnya yang dipegang Schumacher, ditorehkan bintang Ferrari itu pada 2004 lalu dengan mencatatkan 13 kemenangan dari 18 seri yang ada. 

Sedangkan Vettel, dengan jumlah kemenangan yang sama meraihnya pada 2013 silam, tetapi dengan satu balapan lebih banyak dari legenda asal Jerman itu.

Selain memecahkan rekor tersebut, Verstappen juga mencatatkan rekor baru untuk poin kejuaraan terbanyak dalam satu musim F1 dengan 416 poin. Angka tersebut tiga poin lebih banyak dari yang dibukukan Lewis Hamilton pada 2019 lalu.

Sama seperti rekor kemenangannya, rekor poin terbanyaknya pun masih bisa terus bertambah di Brasil dan Abu Dhabi. Dua rekor itu pun jelas membawa nama Verstappen ke dalam daftar pembalap terhebat dalam sejarah balapan jet darat terelite di dunia itu.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1818 seconds [12]