F1 | Detail

Max Verstappen Kritik Kecepatan Safety Car F1 Seperti Kura-kura, Ini Jawaban FIA

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 14 April 2022, 22:00 WIB
Max Verstappen Kritik Kecepatan Safety Car F1 Seperti Kura-kura, Ini Jawaban FIA
Mobil Safety Car F1 2022 (Foto: FIA)

PARIS – Federasi Olahraga Balap Mobil Dunia (FIA), dikritik oleh juara F1 2021, Max Verstappen. Max kritik soal kecepatan mobil safety car pada balapan GP Australia 2022 yang berlangung akhir pekan lalu. Tak menunggu lama, FIA pun memberikan jawaban atas kritik tersebut.

Sebagaimana diketahui, mobil Aston Martin Vantage telah digunakan sebagai safety car F1 sejak awal musim 2021. Mobil pabrikan Inggris itu menggantikan peran Mercedes, yang merupakan satu-satunya pemasok safety car F1 sejak 1996.

Akan tetapi, Verstappen mengutuk performa mobil Aston Martin tersebut yang dinilainya terlalu lambat. Pembalap Red Bull Racing itu membandingkannya dengan kura-kura sembari mengatakan bahwa mobil Mercedes lebih cepat.

Safety Car di F1 GP Australia 2022 mengundang keluhan Max Verstappen (Foto: Reuters/Martin Keep)

Kritik yang dilontarkan pembalap asal Belanda itu sebenarnya memang telah menjadi keluhan para pembalap F1 lainnya. Mereka mengeluh soal lambatnya mobil Aston Martin karena mereka menjadi perlu berusaha lebih keras untuk mendapatkan suhu ban dan rem yang tepat pada kecepatan yang lebih lambat.

Kendati demikian, FIA menyatakan bahwa kecepatan bukanlah pertimbangan utama dipilihnya sebuah mobil safety car F1. Mereka menomorduakan dampak yang dihasilkan dari kecepatan safety car pada mobil Lewis Hamilton dan kolega.

“Mengingat komentar baru-baru ini mengenai kecepatan FIA Formula 1 Safety Car, FIA ingin menegaskan kembali bahwa fungsi utama Safety Car FIA Formula 1, tentu saja, bukan kecepatan langsung, tetapi keselamatan pengemudi, marshal, dan ofisial,” tulis pernyataan dilaman resmi FIA, Kamis (14/4/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1290 seconds [13]