logo
MotoGP | Detail

Masih Absen, Suzuki Ecstar Cari Pengganti Joan Mir di MotoGP Jepang 2022

Fitradian Dhimas Kurniawan
Selasa, 20 September 2022, 09:03 WIB
Masih Absen, Suzuki Ecstar Cari Pengganti Joan Mir di MotoGP Jepang 2022
Joan Mir kembali absen di MotoGP Jepang 2022 (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU - Joan Mir masih akan absen di MotoGP Jepang 2022 karena belum pulih dari cedera. Suzuki Ecstar pun bergerak cepat menunjuk Takuya Tsuda sebagai pengganti sementara untuk tampil di Sirkuit Motegi nanti.

Mir mendapatkan cedera saat tampil di MotoGP Austria, Agustus lalu. Pembalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan dan mengakibatkan mengalami patah di pergelangan kaki kanannya.

Akibat mengalami cedera tersebut membuat Mir sempat absen balapan di MotoGP San Marino untuk menjalani proses pemulihan. Setelah menepi selama dua minggu, pembalap berusia 26 tahun itu kembali beraksi di MotoGP Aragon.

Sebenarnya Mir mendapatkan izin dari dokter pribadinya dan staf medis sirkuit untuk tampil. Dia juga tidak mendapatkan masalah di latihan bebas (FP) pertama hingga ketiga.

Namun, pada akhirnya Suzuki mengumumkan Mir tidak bisa melanjutkan di FP4 dan mundur dari balapan. Dia juga akan absen pada balapan di Sirkuit Motegi, tuan rumah MotoGP Jepang.

Seperti pada laman resmi Suzuki, Senin (19/9/2022), Suzuki pun memilih Tsuda sebagai pengganti Mir di balapan itu. Namun, sebenarnya sejak awal Tsuda sudah dipersiapkan.

Sebelumnya, Tsuda memang sudah direncanakan untuk mengikuti MotoGP Jepang. Dia akan tampil dengan fasilitas wildcard, sehingga Suzuki bakal menurunkan tiga motor.

Namun, dengan cederanya Mir, Suzuki mengganti status Tsuda. Dari yang awalnya wildcard, diganti menjadi pembalap pengganti. Ini akan menjadi kali kedua Tsuda tampil di ajang MotoGP, setelah sebelumnya menggantikan Alex Rins di MotoGP Spanyol 2017.


 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3247 seconds [12]