Bola Lainnya | Detail

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Masuk Radar Talent Scout Asing

Basudiwa Supraja
Jum'at, 24 Juni 2022, 08:52 WIB
Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Masuk Radar Talent Scout Asing
Marselino Ferdinan (Foto: PSSI)

NAMA Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh berhasil mendapat perhatian dari radar talenta scout asing. Keduanya disebut oleh salah satu akun Twitter yang kerap membahas talenta pemain muda, @FTalentScout, Jacek Kulig.

Ini tentu membuka potensi abroad kedua wonderkid Timnas Indonesia tersebut. Akan sangat menarik jika Marselino dan Ronaldo nantinya akan segera berlabuh di klub asing.

"Marselino Ferdinan adalah pemain termuda kedua yang pernah bermain untuk tim nasional Indonesia setelah melakukan debut melawan Timor-Leste pada usia 17 tahun, 4 bulan, dan 18 hari," tulis akun tersebut pada Februari lalu.

"Fakta menarik: Ronaldo Kwateh yang termuda melakukan debutnya di pertandingan yang sama," tambahnya kemudian.

Marselino Ferdinan masuk sorotan scouting asing (Sumber: Twitter)
Marselino Ferdinan masuk sorotan scouting asing (Sumber: Twitter)

Seperti yang diketahui, dua pemain tersebut merupakan pemain termuda kala debut di laga uji coba FIFA Matchday Timnas Indonesia pada Januari lalu melawan Timor Leste. Mereka bahkan tampil dua kali dalam dua laga uji coba tersebut.

Marselino bahkan terus dibawa oleh Shin Tae-yong ke kompetisi senior lainnya. Gelandang berusia 17 tahun itu tampil di laga uji coba lainnya melawan Bangladesh pada awal bulan ini.

Tak hanya itu, Marselino juga sukses mencatatkan gol kala tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Nepal. Dia menjadi pemain termuda yang tercatat di papan skor kompetisi level Asia itu.

Adapun Ronaldo Kwateh juga tak kalah impresif. Pemain keturunan Indonesia-Liberia ini juga menjadi sorotan kala dirinya dipercaya memperkuat Skuad Garuda U-19 di Turnamen Toulon Cup 2022 berkat aksi individualnya.

Tak hanya itu, sebelumnya dia juga sukses mencetak gol di SEA Games 2021 kala berhadapan dengan Malaysia di perebutan medali perunggu. Tak heran jika dia namanya juga tercantum di radar talenta asing tersebut.

Ronaldo bahkan menjadi pemain termuda yang pernah debut di Timnas Indonesia senior mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Asnawi Mangkualam. Ronaldo debut pada usianya yang ke 17 tahun 98 hari sedangkan Asnawi pada 17 tahun 141 hari.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1401 seconds [12]