Tim Nasional | Detail

Marc Klok Segera Bela Timnas Indonesia, Tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023?

Rifqi Herjoko
Jum'at, 14 Januari 2022, 14:52 WIB
Marc Klok Segera Bela Timnas Indonesia, Tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023?
Marc Klok saat mengikuti TC Timnas Indonesia tahun lalu. (Foto: Twitter/@marcklok10)

BANDUNG Pemain naturalisasi Indonesia, Marc Klok, segera bisa membela Timnas Indonesia. Mungkinkah pemain keturunan Belanda itu tampil pada Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Tim Garuda?

Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020. Namun, dia belum bisa langsung main untuk Timnas Indonesia karena terbentur aturan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Operator sepak bola di dunia itu mengharuskan pemain naturalisasi harus menunjukkan dokumen bukti memiliki keturunan orang Indonesia. Klok tak punya dokumen tersebut. Dia melewati jalur naturalisasi istimewa karena untuk kepentingan negara, yakni membela Timnas Indonesia.

Karena itu, gelandang Persib Bandung itu harus opsi kedua yang tercantum pada poin 2 artikel 7 FIFA, bahwa untuk dapat dinaturalisasi, seorang pemain harus tinggal selama lima tahun di wilayah dari asosiasi. Kini, masa penantian itu kini telah semakin dekat. 

Ya, Klok pertama kali main di Indonesia bersama PSM Makassar saat direkrut pada April 2017. Artinya, dia akan melewati aturan menetap lima tahun pada April 2022 tahun ini. Informasi tersebut pernah diungkapkan Klok melalui laman Twitter pribadinya. 

“Beberapa hari lalu, saya menerima kabar bahwa saya belum bisa membela Timnas Garuda pada tahun ini,” ujar pria berusia 28 tahun itu melalui akun @marcklok10 pada November lalu.

“Semua dokumen pun telah siap, tapi sayangnya keputusan mengatakan masih sebaliknya. Namun, kabar baiknya adalah pada April 2022 mendatang, saya sudah bisa membela Timnas Indonesia,” ujarnya lagi. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1141 seconds [12]