logo
MotoGP | Detail

Mantan Petinggi Suzuki Khawatir Honda dan Yamaha Tergerus Pabrikan Eropa di MotoGP

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 09 November 2022, 17:18 WIB
Mantan Petinggi Suzuki Khawatir Honda dan Yamaha Tergerus Pabrikan Eropa di MotoGP
Marc Marquez (Repsol Honda) melaju di depan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) pada lomba MotoGP AS 2022 (Foto: MotoGP)

LECCO - Mantan Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, khawatir melihat kiprah dua pabrikan Jepang di MotoGP 2022 yakni Honda dan Yamaha. Dia khawatir kedua tim raksasa itu akan kalah saing dengan pabrikan-pabrikan Eropa di masa depan.

Indikasi ke arah sana sudah terlihat dengan mundurnya Suzuki dari ajang MotoGP. Pabrikan asal Hamamatsu itu memutuskan hengkang karena alasan finansial.

Honda dan Yamaha sejatinya tidak mengalami masalah yang sama. Namun, motor kedua pabrikan itu sulit bersaing. Marc Marquez dan Fabio Quartararo sama-sama mengeluhkan performa motor sepanjang musim ini.

Nada sumbang juga masih terdengar selepas Tes MotoGP Valencia 2022. Marquez menyebut Honda tak akan bersaing bila motor masih kurang kompetitif. Sementara itu, Quartararo juga mengeluhkan kuda besi Yamaha YZR M-1.

Menurut Brivio, perlu ada langkah jelas dan strategis untuk membenahi diri bagi tim-tim Jepang ini. Dia melihat Honda dan Yamaha tampak selangkah di belakang pabrikan Eropa.

“Saya khawatir dengan dua perusahaan Jepang lainnya, setelah melihat petualangan Suzuki berakhir tahun ini. Saya pikir mereka harus mengubah langkah, untuk mengikuti (pabrikan Eropa)," urai Brivio, dikutip dari Paddock GP, Rabu (9/11/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1839 seconds [13]