logo
Sportainment | Detail

Mantan Pemain Timnas Iran Ditangkap di Tengah Gelaran Piala Dunia 2022

Rifqi Herjoko
Jum'at, 25 November 2022, 15:01 WIB
Mantan Pemain Timnas Iran Ditangkap di Tengah Gelaran Piala Dunia 2022
Mantan pemain Timnas Iran, Voria Ghafouri, ditangkap di tengah gelaran Piala Dunia 2022 (Mirror)

DOHA – Mantan pemain Timnas Iran, Voria Ghafouri, ditangkap di tengah gelaran Piala Dunia 2022. Dia dituduh menyebarkan propaganda melawan rezim yang berkuasa serta berusaha merusak tim nasional yang tengah berlaga di Piala Dunia 2022.

Dilansir dari Mirror, Jumat (25/11/2022), Ghafouri tidak dibawa Timnas Iran ke Piala Dunia 2022. Pemain berusia 35 tahun itu telah mencatatkan 26 penampilan bersama Iran. Dia bahkan sempat masuk ke skuad awal Iran di Piala Dunia 2018.

Ghafouri ditahan oleh pihak berwenang ketika dia tengah berlatih dengan klubnya, Foolad FC. Dia dituduh menyebarkan propaganda melawan negara dan mencoreng reputasi tim nasional.

Sebelumnya, mantan pemain Timnas Iran itu secara terbuka mengkritik pemerintah di media sosial agar berhenti membunuh orang Kurdi. Hal itulah yang membuatnya berada dalam masalah.

Penangkapan tersebut membuat publik khawatir mengenai keselamatan para pemain Timnas Iran di Piala Dunia 2022. Pasalnya, mereka sempat menolak menyanyikan lagu kebangsaan ketika berhadapan dengan Inggris di matchday pertama, Senin (21/11/2022).

Timnas Iran memang dihantui dengan kondisi politik yang tengah memanas di negaranya. Demonstrasi besar-besaran terjadi di Iran. Masyarakat menuntut kebebasan bagi perempuan menyusul kematian wanita berusia 22 tahun bernama Mahsa Amini di dalam tahanan.

Sebelumnya, dia ditangkap karena mengenakan jilbab dengan tidak benar. Adapun ratusan pendemo telah tewas dan pemerintah memilih untuk menghukum mati masyarakat yang turun ke jalan.

Situasi tersebut tentu mengganggu pikiran Timnas Iran dalam kiprahnya di Piala Dunia 2022. Publik berharap tim tersebut dapat tampil maksimal di turnamen bergengsi kali ini.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1749 seconds [13]