logo
Liga Spanyol | Detail

Mantan Pelatih Jordi Amat Resmi Gantikan Unai Emery di Villarreal

Ilham Sigit Pratama
Rabu, 26 Oktober 2022, 07:31 WIB
Mantan Pelatih Jordi Amat Resmi Gantikan Unai Emery di Villarreal
Quique Setien gantikan Unai Emery di Villarreal (Foto: Marca)

VILLAREAL - Villarreal mendapatkan sosok pengganti Unai Emery untuk mengisi kursi kepelatihan tim. Sosok yang dimaksud adalah eks pelatih Barcelona, Quique Setien, yang juga pernah menangani calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat saat masih berada di Real Betis.

Emery sendiri hengkang ke Aston Villa untuk menggantikan Steven Gerrard yang didepak dari kursi kepelatihan. Emery resmi ditunjuk sebagai arsitek anyar Villa pada Selasa 25 Oktober 2022 dini hari WIB.

Namun rupanya tidak membutuhkan waktu lama bagi Villarreal menemukan pelatih anyar. Tim berjuluk Kapal Selam Kuning itu resmi menunjuk eks pelatih Barcelona, Quique Setien sebagai nahkoda baru.

“Quique Setien sekarang adalah pelatih baru Villarreal, selamat datang @qsetien,” tulis pernyataan pada Instagram resmi klub, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB.

Ya, Setien bukan anak baru dalam kancah sepak bola Negeri Matador. Pelatih berusia 64 tahun itu merupakan entrenador Barcelona dalam kurun waktu awal tahun hingga musim panas 2020 silam. Namun hasil negatif Setien bersama Barcelona membuatnya mengalami pemecatan. Pemecatan Setien terjadi usai Barcelona dipermalukan Bayern Munchen pada perempat final Liga Champions musim 2019-2020.

Setien pun gagal menyumbang satu gelar pun untuk Raksasa Catalan. Sebab di musim yang sama, gelar juara Liga Spanyol dikuasai oleh rival bebuyutan mereka, Real Madrid. Padahal semula, Setien dikontrak hingga musim panas 2022. Selain Barcelona, Setien juga pernah mengasuh Real Betis.

Menariknya, Setien pernah mengasuh calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat. Namun kebersamaan Setien bersama Amat tidak berlangsung lama.

Setien melatih Amat hanya semusim, yakni pada 2017-2018. Namun kebersamaan Setien bersama Amat berakhir manis.Setien dan Amat membawa Betis finis di peringkat enam klasemen Liga Spanyol di musim tersebut. Alhasil klub berjuluk Verdiblancos itu lolos ke Liga Eropa di musim berikutnya.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1712 seconds [12]