logo
Ragam Lainnya | Detail

Mantan Buruh Pabrik Sukses Raup Penghasilan Hingga Puluhan Kali Lipat, Ini Rahasianya!

Agustina Wulandari
Rabu, 09 November 2022, 07:10 WIB
Mantan Buruh Pabrik Sukses Raup Penghasilan Hingga Puluhan Kali Lipat, Ini Rahasianya!
Mantan Buruh Pabrik Sukses Raup Penghasilan Hingga Puluhan Kali Lipat. (Foto: sportstars.id/istimewa)

Kisah sukses dialami oleh seorang gadis yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah bernama Kartini. Ia merantau ke Jakarta sejak usianya 19 tahun. Tentu ada alasan di balik kepergiannya ke Jakarta.

Di kampung halaman, ayahnya bekerja sebagai penarik becak, sedangkan ibunya menjahit untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Demi meringankan beban finansial keluarganya, setelah lulus SMK, Kartini langsung mengadu nasib di Ibu Kota. 

Ada banyak hal yang ingin dilakukan Kartini untuk keluarganya, seperti ia ingin membiayai renovasi rumah orang tuanya di Banjarnegara dari hasil jerih payahnya sendiri, karena rumahnya masih terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Alasnya pun hanya tanah yang dilapisi dengan terpal. 

Ia berharap rumahnya bisa ditembok dan beralaskan keramik. Selain itu, Kartini juga berharap mampu menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

Dengan semangat itulah, Kartini memutuskan untuk pergi ke Ibu Kota. Ia bekerja di sebuah pabrik yang memproduksi produk kesehatan wanita.

Berbagai tantangan dialaminya ketika pertama kali bekerja di kota metropolitan. Selain harus berusaha bertahan di situasi kerja yang kurang nyaman, pekerjaannya pun terasa berat. Ditambah lagi, upah yang ia dapatkan terasa kurang untuk membiayai hidupnya sendiri di Jakarta dan orang tua di kampung halaman.

Kartini pun berusaha memutar otak. Ia mulai berjualan skincare di sisa waktu yang dimilikinya. Namun, pada akhirnya, Kartini sadar bahwa ia butuh pekerjaan sampingan dengan waktu yang lebih fleksibel. Lalu, ia mencoba memfokuskan dirinya sebagai content creator dan mendaftarkan dirinya ke Shopee Affiliates Program. 

Di media sosial, Kartini menautkan link produk yang direkomendasikannya sehingga orang-orang bisa langsung mengklik dan membeli produk itu. Lalu, ia akan mendapat komisi melalui Shopee Affiliates Program.

Kartini selalu mencatat jumlah komisi yang didapatkan setiap bulannya. Siapa sangka, penghasilan yang didapatkan gadis berkerudung ini  pada bulan pertama sebagai affiliate setara dengan upah bulanan pekerjaan utamanya. Bahkan, setelah setahun menjadi affiliate, penghasilannya naik hingga puluhan kali lipat upah bulanannya selama ini. Hal itu menjadikan Kartini semakin semangat dalam membuat konten. 

Angka pendapatan ini sangat berdampak bagi dirinya. Bahkan, ia akhirnya memberanikan diri untuk keluar dari pekerjaan utamanya dan fokus menjadi seorang content creator. Ia juga membulatkan tekad untuk membuat satu konten yang harus diunggah setiap minggunya.  

Dengan menjadi seorang affiliate, Kartini telah berhasil mewujudkan banyak mimpinya. Beberapa di antaranya yakni bisa merenovasi rumah orang tua di kampung halaman, upgrade gadget agar kualitas konten menjadi lebih bagus, dan membeli Vespa yang jadi kendaraan impiannya sejak lama.

Kartini dan vespa impiannya. (Foto: dok. pribadi Kartini)
Kartini dan vespa impiannya. (Foto: dok. istimewa)

Tak hanya memiliki pendapatan yang jauh lebih tinggi, tentu Kartini juga bebas menentukan waktu kerjanya sendiri. 

“Manfaat yang paling berarti bagiku adalah jadwal bekerja yang sangat fleksibel sehingga aku bisa mengatur jadwal sendiri dan dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga,” ujar Kartini.

Setelah lebih dari satu tahun menjadi seorang Shopee affiliate, sekarang Kartini juga memutuskan untuk membuka toko baju dan aksesori second miliknya di Shopee. Minatnya yang besar dalam bidang fashion serta kemampuan membuat konten yang ia dapatkan dari Shopee Affiliates Program yang pastinya mendukung bisnisnya ini.

MPI Content

Editor : Yaomi Suhayatmi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1896 seconds [12]