logo
Tim Nasional | Detail

Mano Polking Akui Terinspirasi dari Timnas Indonesia Saat Kalahkan Vietnam di Final Piala AFF 2022

Rifqi Herjoko
Minggu, 22 Januari 2023, 10:01 WIB
Mano Polking Akui Terinspirasi dari Timnas Indonesia Saat Kalahkan Vietnam di Final Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking (Foto: Hadi Febriansyah/Sportstars.id)

BANGKOK Timnas Thailand sukses mengalahkan Vietnam di final Piala AFF 2022 dengan menggunakan formasi tiga bek. Pelatih Thailand, Alexandre Polking, mengakui formasi tersebut terinspirasi dari Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Thailand berhadapan dengan Vietnam di final Piala AFF 2022. Babak tersebut digelar dengan format dua leg. Thailand dan Vietnam hanya mampu bermain imbang 2-2 di laga leg pertama.

Thailand mampu menang di laga leg kedua melawan Vietnam dengan skor tipis 1-0. Hasil laga itu membuat Thailand unggul agregat 3-2 atas Vietnam. Tim berjuluk Gajah Perang itu pun keluar sebagai juara.

Terdapat hal menarik yang terlihat di laga tersebut. Thailand tidak bermain dengan formasi mereka biasanya. Pelatih Thailand, Alexandre Polking, memilih untuk menggunakan formasi tiga bek di laga tersebut.

Terbaru, sang pelatih buka suara mengenai alasannya menggunakan formasi yang tidak biasa tersebut. Dia mengaku terinspirasi dari Timnas Indonesia yang telah lebih dulu menerapkan formasi tersebut ketika melawan Vietnam.

“Timnas Indonesia bermain dengan ganas melawan Vietnam dengan sistem yang sama (tiga bek). Ide itu sepenuhnya terinspirasi dari Indonesia karena mereka memiliki pelatih yang sangat bagus,” ujar Polking dilansir dari Zing, Minggu (22/1/2023).

“Saya mengamati Vietnam tidak bisa membuat banyak peluang melawan tim dengan skema (tiga bek). Kami bergantung pada hal itu. Kami juga tidak memiliki banyak waktu untuk berlatih. Jadi, kami pikir (formasi tiga bek) merupakan rencana yang baik,” sambungnya kemudian.

Pada akhirnya, percobaan Polking menggunakan formasi tiga bek membuahkan hasil positif. Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2022. Gelar tersebut semakin menegaskan status Thailand sebagai raja sepak bola ASEAN.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.3055 seconds [12]