logo
Hobi | Detail

Manfaat Sikap Lilin Bagi Tubuh dan Cara Melakukannya

Tim Sportstars
Kamis, 10 November 2022, 18:12 WIB
Manfaat Sikap Lilin Bagi Tubuh dan Cara Melakukannya
Sikap lilin dalam senam lantai (Foto: Freepik)

JAKARTA  - Manfaat sikap lilin bagi tubuh tidak hanya menjaga keseimbangan tubuh atau membakar kalori berlebih. Sikap lilin merupakan salah satu gerakan yoga dan senam lantai yang cukup sering dilakukan. 

Bagi pemula, sikap lilin bisa dilakukan bersama guru atau pelatih terlebih dahulu untuk mendapat posisi yang benar. Diawali dari posisi telentang kemudian mengangkat kedua kaki dengan posisi rapat lurus ke atas. 

Tubuh bagian atas akan menjadi tumpuan ketika kaki di atas. Melihat dari prakteknya, akan lebih baik jika gerakan ini dilakukan di atas matras untuk menghindari resiko cedera. Gerakan ini harus dilakukan dengan benar agar bisa merasakan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat sikap lilin bagi tubuh 

Manfaat Sikap Lilin Bagi Tubuh

  • Menjaga keseimbangan tubuh.

Gerakan sikap lilin membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi untuk bisa bertahan lebih lama. Seiring latihan yang konsisten keseimbangan tubuh akan semakin baik dan menciptakan sikap yang sempurna.

  • Mengatasi nyeri pada punggung.

Sikap lilin dominan dilakukan oleh tubuh bagian atas, sedangkan tubuh bagian bawah digunakan sebagai landasan  atau tumpuan. Sikap seperti itu memiliki efek terapi pada punggung. Posisi kaki dan pinggul yang didorong ke atas otomatis akan memberi tekanan pada punggung sehingga nyeri juga ikut berkurang. Tentu nya terapi ini harus dilakukan secara rutin dengan gerakan yang benar.

  • Melancarkan sirkulasi darah.

Posisi terbalik sikap lilin akan membalikkan aliran darah, sehingga ketika kamu kembali pada posisi awal (berdiri), darah akan mengalir ke seluruh tubuh dan membawa lebih banyak oksigen. 

  • Membentuk otot perut.

Ketika melakukan sikap lilin, kekuatan tubuh bagian bawah sangat diperlukan. Kekuatan otot perut akan digunakan untuk menahan posisi kaki yang di dorong ke atas. Oleh karena itu otot perut dapat terbentuk setelah rutin melakukan gerakan ini.

  • Relaksasi tubuh

Gerakan ini membuat tubuh sistem saraf parasimpatis pada tubuh aktif. Sistem saraf parasimpatis memiliki peran untuk mengatur aktivitas tubuh saat istirahat, maka tubuh akan merasa rileks.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1852 seconds [13]