Basket | Detail

Manfaat Pivot dalam Olahraga Basket

Sulthan Muafa
Selasa, 14 Juni 2022, 06:57 WIB
Manfaat Pivot dalam Olahraga Basket 
Pivot adalah gerakan dasar yang kerap dilakukan para pebasket atau atlet ternama di NBA (Foto: Reuters/Jasen Vinlove)

JAKARTA-Mendengar kata pivot tentu sudah tidak asing bagi para penikmat olahraga, khususnya bola basket. Lantaran pivot adalah gerakan dasar yang kerap dilakukan para pebasket atau atlet ternama di NBA.

Pengertian pivot dalam bahasa Inggris mengandung arti poros atau sumbu. Dalam basket, pivot adalah gerakan memutar badan dengan salah satu kaki sebagai tumpuan atau poros usai pemain tersebut menerima bola. Gerakan pivot bermanfaat untuk melindungi bola dari cegatan lawan. Tujuan utama melakukan pivot adalah untuk menyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan. 

Manfaat Pivot dalam Olahraga Basket

Gerakan ini untuk melindungi agar bola yang dikuasai pemain tidak direbut oleh pihak lawan. Maka dari itu pebasket pun kerap memakai gerakan tersebut saat berlaga.

Pada saat menguasai bola pebaseket akan melakukan aksi pivotnya. Si pemain seyogyanya melakukan dribble guna tidak menimbulkan pelanggaran atau hal yang tidak diinginkan.

Selain melindungi bola dari ancaman lawan, pivot itu sendiri bisa digunakan untuk hal lain. Seperti pada saat pemain melakukan  trik sebelum menembak ke arah ring lawan 

Atau bisa juga membuat lawan nantinya tertipu oleh gerakan pivot. Karena ini membuat pihak lawan sulit menebak ke arah mana nanti pemain yang dihadangnya bergerak untuk melewatinya.

Lebih lanjut gerakan pivot ini tidak bisa sembarangan saat melakukannya. Pemain sebisa mungkin harus menguasai tekniknya karena gerakan ini tentu sangat besar manfaatnya bila mampu melakukannya dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai manfaat gerakan pada pivot. Semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1387 seconds [13]