logo
Liga Inggris | Detail

Manchester United Paling Boros Belanja Pemain dalam 10 Tahun Terakhir, Juventus Nomor 2

Rifqi Herjoko
Selasa, 20 September 2022, 18:02 WIB
Manchester United Paling Boros Belanja Pemain dalam 10 Tahun Terakhir, Juventus Nomor 2
Selebrasi para pemain Manchester United (REUTERS)

MANCHESTER – Daftar klub yang paling boros belanja pemain dalam 10 tahun terakhir baru saja dirilis. Hasilnya, Manchester United berada di posisi teratas yang menjadi klub paling boros dalam 10 tahun belakangan.

Daftar tersebut dirilis oleh CIES Football Observatory. Daftar tersebut disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari Juli 2012 hingga November 2021.

Secara total, Man United telah belanja 33 pemain dalam rentang waktu tersebut. Klub menghabiskan biaya sebesar 1,6 miliar euro (Rp24 triliun). Namun, perkiraan nilai pasar para pemain pada saat itu hanya berjumlah sekitar 1,4 miliar euro (Rp21 triliun).

Itu berarti, The Red Devils membayar lebih mahal dari perkiraan nilai pasar sebesar 238 juta euro (Rp3,5 triliun). Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di antara seluruh klub di lima liga top Eropa.

Dilansir dari Sportskeeda, Selasa (20/9/2022), Juventus berada di tempat kedua dalam daftar tersebut. Bianconeri melakukan 36 transfer pemain dalam rentang waktu tersebut. Klub asal Italia itu membayar biaya yang lebih besar dari perkiraan nilai pasar sebesar 234 juta euro (Rp3,5 triliun).

Paris Saint-Germain berada di posisi ketiga dengan pengeluaran ekstra sebesar 162 juta euro (Rp2,4 triliun) dari total 31 transfer. Real Madrid berada di urutan kelima dengan jumlah pembayaran yang lebih mahal dari nilai pasar sebesar 148 juta euro (Rp2,2 triliun) dalam total 19 transfer pemain.

Secara mengejutkan, klub Liga Inggris Aston Villa justru masuk peringkat keempat dalam daftar tersebut. The Villans membayar biaya lebih besar dari nilai pasar sebesar 149 juta euro (Rp2,2 triliun) dalam 44 transfer.

Sebanyak 9 klub Liga Inggris berada di posisi 10 besar dalam daftar tersebut. Adapun Real Madrid adalah satu-satunya klub Liga Spanyol yang tercantum di sana. Man United diharapkan dapat lebih cerdik dalam mengeluarkan uang untuk belanja pemain di masa mendatang.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1835 seconds [12]