Liga Inggris | Detail

Man City Sukses Ungguli Man United dari Sisi Pendapatan

Basudiwa Supraja
Kamis, 13 Januari 2022, 12:23 WIB
Man City Sukses Ungguli Man United dari Sisi Pendapatan
Manchester City akhirnya untuk pertama kalinya sukses kalahkan Manchester United dari sisi pendapatan klub. REUTERS/Craig Brough

MANCHESTER – Manchester City akhirnya untuk pertama kalinya sukses kalahkan Manchester United dari sisi pendapatan klub. Menariknya Man City berhasil kalahkan Man United di masa pandemi Covid-19.

Melansir dari The Sun, Man City melampaui pendapatan Man United sebesar 73 juta poundsterling (Rp1,4 triliun). Keberhasilan Pep Guardiola membawa Man City juara 3 kali Liga Inggris dalam 4 tahun terakhir ditambah final Liga Champions musim lalu menjadi salah satu faktornya.

Pendapatan Man City dibanding musim lalu melonjak sebesar 17 persen. Padahal Inggris sedang dilanda krisis keuangan akibat pandemi Covid-19.

Konsultan keuangan KPMG menyoroti kalau pandemi memang memberi luka yang besar pada industri sepak bola tapi tidak dengan Man City. Keberhasilan masuk final Liga Champions musim lalu saja telah membuat Man City raih pendapatan 108 juta poundsterling (Rp2,1 triliun).

Unsur-unsur lain dari pendapatan Man City juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sebut saja hak siar (naik 55 persen) dan hak komersial (naik 8 persen).

Pendapatan Man City itu berbanding terbalik dengan Man United yang memang tanpa gelar dalam 4 tahun terakhir. Tak hanya itu, pandemi yang membuat Old Trafford tanpa penonton ternyata membuat Man United sangat rugi.

Variabel-variabel itu kemudian yang membuat Man City untuk pertama kalinya berhasil kalahkan Man United dari sisi pendapatan. Dan tampaknya keunggulan Man City atas Man United bakal terus belanjut.

Pasalnya musim ini saja, Man City melaju kencang sendirian menuju gelar Liga Inggris yang keempat dalam 5 musim terakhir. Sedangkan Man United, sekadar masuk 4 besar sangat sulit dicapai oleh skuad asuhan Ralf Rangnick.
 

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1132 seconds [13]