Liga Champions | Detail

Man City dan Kenangan Treble Winners Man United Dua Dekade Lalu

Maruf
Jum'at, 28 Mei 2021, 19:10 WIB
Man City dan Kenangan Treble Winners Man United Dua Dekade Lalu


TAHUN 1998/1999, Manchester United (Man United) berada dalam masa keemasan mereka. Menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola Inggris yang berhasil mendapatkan treble winners, Liga Inggris, Liga Champions dan Piala FA. 

Mereka mendapatkan kehormatan tersebut dengan produk lokal yang dikenal dengan Class'92. Pemain binaan akademi dan kemudian berhasil memberikan banyak trofi ke kandang Setan Merah di bawah kendali Pelatih Alex Ferguson. 

Mereka adalah Gary Neville, Phil Neville, Paul Scholes, Ryan Giggs, Nicky Butt, dan tentu saja David Beckham. Generasi inilah yang menjadi tulang punggung The Red Devils dalam mendulang 13 medali sepanjang kebersamaan mereka, termasuk tiga gelar di musim 1998/1999. 

Padahal, kehadiran mereka sempat diragukan. Komentator BBC Alan Hansen sempat menyindir langkah Fergie menggunakan anak muda adalah sebuah lelucon. “Anda tidak akan memenangkan apa-apa di musim kalau mengandalkan anak-anak,” kata Hansen dalam sebuah kesempatan. 

Tapi, Fergie melaju dengan anak-anak kemarin sore dalam memburu gelar dan berhasil. Sukses tiga gelar membuat nama MU mulai menjadi merek global. Pelan tapi pasti mereka mulai menggerus nama Liverpool dan menjadi duta sepak bola Inggris ke penjuru dunia. 

Skuad Manchester City musim 1998/1999. (Foto: istimewa)

Saat MU telah menembus dunia, tetangga mereka Manchester City (Man City) memiliki nasib berbeda. Mereka masih berkutat di Second Division atau Divisi III dalam strata sepak bola Inggris. Jika dibandingkan dengan Man United, di klasemen akhir sepak bola Inggris, kedua tim berjarak 47 tingkat. 

Sebagai catatan, Liga Primer sebagai kompetisi tertinggi Liga Inggris diikuti 20 tim, First Division, 24 kontestan, dan Man City berada di peringkat tiga Second Division. Setiap pertandingan, penampilan The Citizens hanya disaksikan sekitar 29 ribu penonton di Main Road Stadium. Bandingkan dengan laga Man United di Stadion Old Trafford sudah disaksikan rata-rata 60-an ribu penonton! 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2878 seconds [13]