Ragam Lainnya | Detail

Malaysia Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah SEA Games 2027, Indonesia Digeser?

Basudiwa Supraja
Rabu, 12 Januari 2022, 06:51 WIB
Malaysia Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah SEA Games 2027, Indonesia Digeser?
Logo SEA Games

KUALA LUMPUR - Malaysia dikabarkan tertarik untuk menjadi tuan rumah SEA Games ke-34 pada 2027 mendatang. Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Dewan Olimpiade Malaysia (OCM), Tan Sri Mohamad Norza Zakaria, pada Selasa (11/1/2022).

“Dalam semangat persahabatan dengan SEAGF, saya pikir kemungkinan besar kami memiliki peluang bagus untuk mengamankan itu (hak menjadi tuan rumah),” ungkap Tan Sri Mohamad Norza Zakaria dikutip dari Harakah Daily, Rabu (12/1/2022).

SEA Games nantinya menjadi batu loncatan bagi Malaysia untuk menggelar ajang Asian Games pada 2038 mendatang. Pasalnya mereka sejauh ini masih belum pernah memegang kesempatan sebagai tuan rumah turnamen bergengsi level Asia itu.

Kesempatan itu disampaikan oleh Tan setelah Brunei melepas amanat sebagai tuan rumah SEA Games di 2027. Sejatinya Indonesia padahal menjadi yang paling berpotensi untuk mengisi slot tuan rumah dalam edisi ke-34 itu.

Perlu diketahui Malaysia merupakan negara ketiga yang menjadi tuan rumah SEA Games sejak dimulai pada 1959 pertama kali di Thailand. Negeri Jiran mengemban amanat sebagai tuan rumah pada gelaran edisi 1965.

Sejauh ini Malaysia telah menjabat tuan rumah sebanyak enam kali dalam ajang kejuaraan dua tahunan itu. Dalam waktu terdekat, SEA Games akan digelar di Vietnam pada Mei mendatang.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1173 seconds [13]