logo
Basket | Detail

Makna dan Filosofi Maskot FIBA World Cup 2023

Intan Rachmasari
Sabtu, 30 Juli 2022, 00:55 WIB
Makna dan Filosofi Maskot FIBA World Cup 2023
JIP Maskot FIBA World Cup 2023 (Foto:FIBA)

JAKARTA - Makna dan filosofi maskot FIBA World Cup 2023 pasti memancing berbagai intepretasi dan imajinasi. Terlebih induk organisasi basket dunia FIBA baru saja mengumumkan maskot untuk FIBA World Cup tahun mendatang.

Sebelumnya ditentukan piala dunia bola basket atau FIBA World Cup 2023 akan digelar dengan tiga tuan rumah yaitu Jepang, Indonesia dan Filipina. Berikut FIBA mengadakan voting untuk memilih maskot dalam kompetisi bola basket paling bergengsi di dunia tersebut.

Setidaknya hampir 100 ribu orang melakukan voting pemilihan maskot ini, sebelum akhirnya terpilih JIP sebagai maskot FIBA World Cup 2023

Lalu siapa sebenarnya JIP? Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai makna dan filosofi maskot FIBA Wordl Cup 2023.

Timnas Basket Indonesia akan berhadapan dengan China di Playoff Perempat Final FIBA Asia Cup 2022 (Foto: FIBA Basketball)

Makna dan Filosofi Maskot FIBA World Cup 2023

Terpilihnya JIP sebagai maskot FIBA World Cup 2023 banyak mencuri perhatian publik, khususnya untuk penggemar bola basket di Indonesia. Ini wajar karena JIP merupakan akronim dari tiga negara yang menjadi tuan rumah acara ini yaitu Jepang, Indonesia, dan Filipina.

Maskot JIP ini berupa robot basket yang diciptakan oleh seorang desainer yang memiliki suatu visi yaitu bertujuan untuk menyatukan orang - orang dan mewakili mereka semua. 

Direktur Eksekutif Piala Dunia FIBA 2023, David Crocker mengharapkan pengumuman terpilihnya maskot JIP ini dapat membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan, sembari memberi kesempatan kepada penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik ini di akhir bulan nanti di Jakarta, Okinawa, dan Manila lewat sejumlah kegiatan menarik.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1506 seconds [12]