logo
Basket | Detail

Macam-macam Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Senin, 07 November 2022, 17:33 WIB
Macam-macam Teknik Dasar Permainan Bola Basket
Macam-macam Teknik Dasar Permainan Bola Basket (Foto: Instagram)

JAKARTA - Macam-macam teknik dasar permainan bola basket perlu dipelajari oleh setiap pemain. Bola basket merupakan olahraga bola besar berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. 

Permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Untuk melakukan permainan bola basket, perlu dipahami beberapa teknik-teknik dasar agar dapat mendulang banyak poin.

Berikut ini adalah macam-macam teknik dasar permainan bola basket

Teknik Dasar Memegang Bola

Memegang bola dalam permainan bola basket merupakan teknik paling dasar. Jika Anda memegang bola dengan baik, makan akan lebih mudah mengendalikan bola. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi kualitas dalam permainan.

Teknik Mengoper atau Melempar Bola (Passing)

Setelah menguasai teknik memegang bola, kita perlu menguasai teknik mengoper bola kepada teman. Dalam bola basket dikenal dengan chest pass, bounce pass, dan overhead pass.

Teknik Dribble ( Menggiring Bola)

Menggiring bola atau dribble dalam permainan bola basket dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan arah bola sambil memantulkan bola basket ke lantai berulang kali. Jika kaki melangkah, baik berjalan atau berlari, bola harus dipantulkan ke lantai.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1822 seconds [12]