logo
Balap Lainnya | Detail

Macam-Macam Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya, Semua Wajib Tahu

Wikku D. Nugroho
Selasa, 13 September 2022, 00:55 WIB
Macam-Macam Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya, Semua Wajib Tahu
Macam-Macam Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya. (Foto: inews).

JAKARTA-Macam-macam rambu lalu lintas beserta artinya menjadi salah satu informasi yang sering dicari oleh banyak orang. Bagi para pengendara sudah pasti sering rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di sepanjang jalan utama. 

Mereka diharuskan pula memahami arti dari rambu-rambu tersebut. Hal ini bertujuan agar pengendara dan para pengguna jalan lainnya selalu selamat dan aman ketika berkendara. Selain itu, ditilang oleh satlantas polisi dapat terhindarkan. 

Rambu-rambu lalu lintas terdiri dari empat jenis yakni rambu perintah, larangan, petunjuk dan peringatan. Hingga kini masih banyak para pengendara yang masih belum memahami arti dari rambu-rambu tersebut. 

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap macam-macam rambu lalu lintas beserta artinya;

Parade MotoGP memenuhi jalanan protokol di Ibu Kota DKI Jakarta (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

Macam-Macam Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

  1. Rambu Perintah

Macam-macam rambu lalu lintas beserta artinya diawali dari rambu perintah. Rambu-rambu perintah tersebut memiliki bentuk simbol larangan berwarna hitam, putih dan merah. 

Rambu perintah merupakan tanda yang ditujukan bagi para pengendara agar menaati peraturan seperti membatasi kecepatan maksimal 20 KM per jam dan menjaga jarak dengan kendaraan lainnya minimal 15 meter. 

  1. Rambu Larangan

Selanjutnya macam-macam rambu lalu lintas adalah rambu larangan. Rambu larangan ini berisi peringatan agar para pengendara tidak melakukan aktifitas-aktifitas tertentu. 

Adapun rambu larangan ini berbentuk warna dasar putih, garis tepi berwarna dan tulisan atau gambar berwarna hitam. Contoh rambu-rambu larangan antara lain, dilarang parkir, dilarang berhenti dan lain-lain. 

  1. Rambu Petunjuk 

Rambu petunjuk ini berfungsi untuk memberikan penunjuk arah kepada para pengendara. Adapun rambu petunjuk ini berbentuk tulisan dan gambar. Warna dari rambu petunjuk yakni putih dan hijau.

Rambu petunjuk ini sangat berguna bagi para pengendara untuk mengetahui kota atu tempat ingin dituju tanpa salah arah. 

  1. Rambu Peringatan

Terakhir rambu lalu lintas dalam daftar ini ada rambu peringatan. Adapun bentuk dari rambu peringatan ini adalah berbentuk persegi dan berwarna hitam dan kuning. 

Rambu peringatan ini berisikan peringatan kepada para pengendara perihal medan jalan yang akan ditempuh pada ruas jalan tersebut. Salah satu rambu peringatan adalah jalan licin, penyempitan jalan dan sebagainya. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai macam-macam rambu lalu lintas beserta artinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.   

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1643 seconds [12]