logo
Fighting | Detail

Macam-Macam Pola Langkah dalam Pencak Silat yang Wajib Diketahui

Tim Sportstars
Selasa, 27 September 2022, 17:36 WIB
Macam-Macam Pola Langkah dalam Pencak Silat yang Wajib Diketahui
Pola langkah dalam pencak silat (Foto: Istimewa)

JAKARTA  - Macam-macam pola langkah dalam pencak silat merupakan suatu bagian dari teknik dasar pencak silat. Pencak silat sendiri merupakan olahraga seni bela diri tradisional asal Indonesia. 

Seni bela diri ini perlu dilestarikan, dengan cara mempelajari gerak dasar pencak silat dengan sungguh-sungguh. Belajar pencak silat dapat menumbuhkan sikap disiplin dan menghargai perbedaan antar teman.

Perlu diketahui, pada pencak silat terdapat teknik dasar pola langkah. Pola langkah  dapat terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zig zag, pola langkah segi empat, serta pola langkah S. 

Pola langkah sering digunakan pada saat melakukan beberapa teknik dalam membela diri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan masing–masing mengenai 6 macam-macam pola langkah dalam pencak silat.

Macam-macam Pola Langkah dalam Pencak Silat

  1. Pola langkah lurus

Pola langkah pertama dalam pencak silat adalah pola langkah lurus. Pola langkah lurus adalah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan lurus, baik ketika maju atau mundur. Langkah ini biasanya diawali dengan melakukan gerakan kuda– kuda tengah.

  1. Pola langkah zig-zag

Pola langkah zig-zag dalam pencak silat merupakan suatu teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zig-zag atau gergaji. Langkah ini biasanya dimulai dengan gerakan pasang dengan pola serong.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1857 seconds [13]