logo
Ragam Lainnya | Detail

Permainan Bola Besar: Pengertian, Contoh dan Manfaat

Tim Sportstars
Rabu, 26 Januari 2022, 16:14 WIB
Permainan Bola Besar: Pengertian, Contoh dan Manfaat
Sepak bola masuk dalam macam-macan permainan bola besar. (Foto: Reuters)

Permainan bola besar yang wajib Anda ketahui. Permainan bola besar merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola berukuran besar. Bola besar tersebut sebagai objek dan anggota tubuh sebagai penggeraknya.

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu di lapangan dengan bantuan alat utama yaitu bola yang berdiameter lebih dari 50 cm.

Sementara untuk tujuan permainan bola besar adalah membantu membentuk stamina dalam tubuh sehingga tidak mudah lelah ketika beraktivitas. Umumnya, permainan bola besar memiliki aturan masing-masing pada jenis permainannya.

Contoh Permainan Bola Besar

1. Sepak bola

Sepak bola adalah jenis permainan bola besar yang paling digemari di dunia. Dalam sejarahnya, sepak bola berasal dari negara Cina.Permainan yang terdiri dari 2 regu yang didalamnya beranggota 11 orang dan menggunakan bola dengan ukuran diameter rata-ratanya 68-71 cm. Sepak bola berlangsung selama 2 babak dengan durasi waktu 90 menit, dalam satu babak berdurasi 45 menit.

Kemudian jeda istirahat selama 15 menit usai babak pertama. Jika hingga akhir pertandingan kedua regu memiliki skor yang sama, maka akan diberikan waktu tambahan maksimal 2 x 15 menit.  Dalam bermain sepak bola, dibutuhkan lapangan dengan panjang 100 sampai 200 meter dan memiliki lebar 65 sampai 75 meter, dengan bentuk persegi panjang.

2.  Bola Voli

Seperti sepak bola, voli juga permainan yang dilakukan dengan dua tim yang saling bertanding. Bedanya voli harus menggunakan net untuk membagi wilayah masing-masing. jika sepak bola beranggotakan 11 orang, voli terdiri dari 6 orang anggota.

Bola yang digunakan di pertandingan voli biasanya mencapai diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Kemenangan dalam pertandingan bola voli dalam satu ditentukan dari tim yang pertama kali berhasil menyentuh score 25. Biasanya pertandingan bola voli berlangsung secara tiga sampai lima babak.

3. Bola Basket

Basket adalah jenis permainan bola besar menggunakan kekuatan tangan untuk karena mengalirkan bola ke pemain lain hingga akhirnya memasukkan ke dalam ring lawan. permainan ini dilakukan beregu dengan anggota masing masing regu 5 orang. 

Tetapi tiap regu memiliki 5 orang pemain cadangan yang dapat bermain tanpa batasan keluar masuk. Pertandingan bola basket berlangsung selama 4  x 10 menit. Setiap babak memiliki jeda waktu selama 10 menit.

Bola yang dipakai di permainan basket berdiameter 74-75 cm dengan berat mencapai 624 gram. Terdapat 2 standar lapangan yang digunakan dalam permainan bola basket; 28,5 x 15 meter menurut National Basketball Association, dan 26 x 14 menurut Federasi Bola Basket Internasional.

4. Futsal

Futsal adalah salah satu olahraga yang lahir dari pengembangan sepak bola. Maka tidak aneh jika futsal disebut juga sebagai versi mini sepakbola. Jika sepakbola dapat dimainkan di luar ruang dengan lapangan yang mampu menampung 22 pemain, maka futsal tak membutuhkan area bermain terlalu lebar dan dimainkan di dalam ruang. 

Satu tim futsal terdiri dari 5 pemain utama dan 2 cadangan. rmainan berlangsung selama 2 x 20 menit dan memiliki waktu istirahat selama 10 menit. waktu tambahan akan diberikan jika dibutuhkan paling banyak 2 x 5 menit. Bola yang dipakai futsal pun tidak terlalu besar seperti sepakbola pada umumnya. Diameter bola yang digunakan di futsal kira-kira 62-64 cm dan dengan berat 400-440 gram.

5. Rugby

Rugby adalah salah satu olahraga bola besar yang memiliki bentuk bola unik. Olahraga yang populer di Australia dan Selandia Baru itu memiliki tujuan mengantarkan bola sampai ke wilayah akhir lawan. Berbeda dengan olahraga bola besar lain, bola rugby berbentuk lonjong atau oval. 

Bola tersebut memiliki panjang 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm, dan lingkar lebar 580-620 mm. Total pertandingan Rugbi berlangsung selama 90 menit, yang sudah terbagi menjadi time lost, extra time, dan special conditions. Satu pertandingan terbagi dalam dua babak, dimana kedua tim akan bertukar lokasi lapangan setelah babak pertama berakhir. 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1612 seconds [12]