logo
Ragam Lainnya | Detail

Macam Macam Pelanggaran dalam Pencak Silat, dari Ringan sampai Berat

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 18:38 WIB
Macam Macam Pelanggaran dalam Pencak Silat, dari Ringan sampai Berat
Kodim 0707 Wonosobo menyelenggarkan program Komsos kreatif dengan menggandeng induk organisasi pencak silat Indonesia. (Foto: @Pendim0707)

JAKARTA  - Macam macam pelanggaran dalam pencak silat terbagi ke dalam dua jenis, diantaranya pelanggaran ringan dan pelanggaran berat. Sama seperti olahraga olahraga lainnya, pencak silat juga memiliki aturan aturan yang harus ditepati. Apabila tidak ditepati, maka pemain akan dikenakan sanksi berupa pelanggaran dari yang ringan sampai yang berat. 

Kamus besar bahasa Indonesia menyebutkan bahwa pencak silat memiliki merupakan permainan dalam mempertahankan diri atau membeli diri dengan kepandaian menghindarkan, menyerang, dan pembelaan diri, sebagai seni bela diri.

Pencak Silat bukan cuma tentang olahraga bela diri yang perlu dilestarikan. Selain memiliki tujuan khusus seperti sarana pembinaan mental, ajaran moral serta nilai-nilai segala aspek Pencak Silat sebagai sikap ksatria dan percaya diri.

Aturan Aturan dalam Pencak Silat

  • Dalam pertandingannya, pesilat harus bermain dengan beralaskan matras dengan ketebalan 5 cm.
  • Setiap pesilat diwajibkan untuk memakai seragam silat berwarna hitam dengan sabuk putih. 
  • Pesilat diharuskan menggunakan body protector atau pelindung tubuh saat pertandingan berlangsung.
  • Pesilat diharuskan mengenakan Groin Protector atau pelindung kemaluan. 
  • Pesilat diharuskan mengenakan Gum Shield atau pelindung mulut.
  • Pesilat diharuskan mengenakan pelindung kaki dan sendi untuk menghindari terjadinya cidera saat mendapatkan serangan berupa tendangan. 

Dalam melaksanakannya, perlu diketahui macam macam pelanggaran yang dapat mendatangkan hukuman dari wasit. Untuk itu simaklah pembahasan tentang macam macam pelanggaran dalam pencak silat. Berikut ringkasan mengenai macam macam pelanggaran dalam pencak silat yang telah dirangkum oleh Sportstars.id.

Cara melakukan pukulan dalam pencak silat perlu dipelajari buat para calon atlet. (Foto: Pixabay)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1609 seconds [12]