logo
Basket | Detail

Macam Macam Pelanggaran atau Foul dalam Bola Basket, dari Individu sampai

Tim Sportstars
Kamis, 25 Agustus 2022, 17:15 WIB
Macam Macam Pelanggaran atau Foul dalam Bola Basket, dari Individu sampai
Pemain Boston Celtics Jaylen Brown (7) bertabrakan dengan pemain Chicago Bulls Coby White yang bisa menyebabkan foul.

MACAM macam pelanggaran atau foul dalam bola basket perlu diketahui pemain maupun penikmat olahraga yang satu ini. Dalam permainan bola basket, foul merupakan istilah yang menggambarkan sebuah pelanggaran langsung terhadap pemain lawan dalam permainan bola basket. 

Pemain yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi maupun peringatan tergantung dari pelanggaran apa yang telah dilakukan. Foul memiliki bermacam macam jenis. Berikut macam macam pelanggaran atau foul dalam bola basket yang telah dirangkum oleh Sportstars.id

Dame Diagne (29) berjasa mengantarkan Timnas Basket Indonesia juara SEA Games 2021 (Foto: Reuters/Athit Perawongmetha)

Macam - Macam Pelanggaran atau Foul dalam Bola Basket

Pelanggaran Perorangan (Personal Foul)

Personal foul merupakan bentuk pelanggaran personal yang dilakukan secara perorangan. Dalam permainan bola basket, seorang pemain memiliki maksimal foul sebanyak 4 kali. Lebih dari itu, pemain akan dikeluarkan atau akan dikenakan lemparan bebas (free throw). Jenis personal foul meliputi memukul, mendorong, atau kontak fisik yang memicu keributan dengan pemain lain. 

Pelanggaran Tim (Team Foul)

Pelanggaran ini merupakan jenis pelanggaran yang dikenakan pada sebuah tim di setiap babaknya. Apabila sebuah team memperoleh lima foul akibat pelanggaran yang dilakukan oleh pemainnya, maka pemain lawan akan mendapat lemparan bebas (Free throw).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1664 seconds [13]