logo
Ragam Lainnya | Detail

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai, Berikut Penjelasannya

Tim Sportstars
Jum'at, 28 Oktober 2022, 19:40 WIB
Macam-Macam Gerakan Senam Lantai, Berikut Penjelasannya
Macam-macam gerakan senam lantai akan kami ulas dalam artikel ini. (Foto: Wikihow)

JAKARTA - Macam-macam gerakan senam lantai akan kami ulas dalam artikel ini. Senam lantai merupakan olahraga senam yang dilakukan di atas lantai, dengan menggunakan matras sebagai alas.

Senam lantai termasuk jenis olahraga senam yang dikenal dengan istilah senam artistik atau artistic gymnastic.

Matras dalam olahraga ini digunakan guna untuk menghindari cedera yang dialami oleh seseorang yang melakukan olahraga senam lantai. Hal tersebut dilakukan karena senam lantai mengharuskan kita bersentuhan langsung dengan lantai.

Gerakan Senam Lantai Yang Perlu Diketahui (Foto: istimewa)

Olahraga senam lantai memiliki beberapa gerakan, antara lain berguling, melompat, berputar, bertumpu dengan tangan atau kaki, bertumpu dengan punggung, bertahan untuk menyeimbangkan badan, hingga bertumpu dengan kepala saja. Gerakan senam lantai pada umumnya dilakukan di ruangan yang memiliki ukuran 12x12. 

Berikut Sportstars.id sudah merangkum macam-macam gerakan senam lantai yang wajib diketahui.

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai

Berikut adalah macam-macam gerakan senam lantai:

Gerak Sikap Lilin (Shoulder Stand)

Gerak sikap lilin merupakan gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan dan ketenangan tubuh. Dalam gerakan ini, kaki sampai pinggang akan diarahkan lurus ke atas, sedangkan kepala, lengan, tangan, dan punggung tetap berada di bawah.

Gerak Headstand

Gerakan ini merupakan salah satu gerakan yang cukup menantang, karena dengan gerakan ini kita diharuskan untuk menjadikan kepala dan telapak tangan sebagai tumpuan badan sehingga anggota tubuh dapat mengarah ke atas dengan seimbang.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.4530 seconds [13]