logo
Ragam Lainnya | Detail

Macam-Macam Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang yang Perlu Diketahui

Tim Sportstars
Selasa, 27 September 2022, 18:13 WIB
Macam-Macam Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang yang Perlu Diketahui
Atlet Renang, Janis Rosalita Supriyanto pasti melakukan gerakan pemanasan sebelum berenang. (Instagram)

JAKARTA  - Macam-macam gerakan pemanasan sebelum berenang perlu diketahui buat kamu yang sangat gemar dengan olahraga satu ini. Pemanasan sebelum berolahraga sangat penting dilakukan, termasuk sebelum melakukan renang.

Melakukan pemanasan sebelum berenang bertujuan untuk mencegah kram otot pada saat berenang. Selain itu pemanasan juga bertujuan meningkatkan suhu tubuh secara perlahan dan meningkatkan aliran darah ke otot.

Karena itu mengetahui gerakan pemanasan sebelum berenang wajib untuk kamu ketahui. Sebab melakukan pemanasan sebelum berenang adalah hal yang sangat penting.  Berikut ini Sportstars.id telah merangkum dari berbagai sumber mengenai macam-macam gerakan pemanasan sebelum berenang.

Macam-macam Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang.

  1. Mengayunkan Lengan

Gerakan pemanasan sebelum berenang yang pertama adalah mengayunkan lengan. Mengayunkan lengan bertujuan untuk melatih kekuatan otot tangan. Gerakan pemanasan ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengayunkan dengan gerakan memutar secara sinkron antara tangan kanan dan kiri.

  1. Hamstring Curl

Gerakan pada pemanasan ini kamu cukup posisikan kedua kaki di atas bola stabilitas dengan pinggul terangkat. Jaga otot inti (core) dan perut tetap kencang, tarik tumit ke arah tubuh, dan jaga agar pinggul kamu tetap tinggi.

  1. Peregangan Hamstring

Pemanasan yang ini dilakukan agar tidak terkena cedera hamstring saat berenang. Gerakan dalam pemanasan ini dengan jaga dada agar tetap tegak dan pertahankan lengkungan di punggung bawah saat kamu mencondongkan tubuh ke depan. Lalu tahan posisi itu untuk beberapa detik.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1760 seconds [12]