logo
Hobi | Detail

Macam-Macam Gerakan Olahraga dengan Barbel

Wikanto Arungbudoyo
Senin, 27 Juni 2022, 19:20 WIB
Macam-Macam Gerakan Olahraga dengan Barbel
Shoulder press merupakan salah satu gerakan olahraga dengan barbel (Foto: Muscle and Strength)

JAKARTA – Gerakan olahraga dengan barbel ada bermacam-macam. Memang, gerakan olahraga dengan barbel tujuan utamanya adalah membentuk lengan atau tubuh. Lantas, seperti apa gerakan-gerakan itu?

Barbel merupakan alat bantu yang lazim ditemui di pusat-pusat kebugaran. Tidak hanya itu, barbel juga bisa dibuat sendiri dengan berbagai rupa, selama beratnya bisa diukur dengan pasti. 

Tentu saja, gerakan olahraga dengan mengangkat barbel sangat membantu untuk membentuk fisik dan kebugaran. Berikut macam-macam gerakan olahraga dengan barbel

1. Tricep Extension

Gerakan olahraga dengan barbel Tricep Extension berguna untuk menguatkan otot trisep (Foto: Muscle and Fitness)
Gerakan olahraga dengan barbel Tricep Extension berguna untuk menguatkan otot trisep (Foto: Muscle and Fitness)

Gerakan olahraga dengan barbel yang satu ini bermanfaat untuk membangun kekuatan otot bahu dan trisep. Caranya cukup mudah. Pertama, duduklah di kursi dengan postur tubuh yang tegap. 

Lalu, pegang sebuah barbel dengan menggunakan kedua tangan. Angkat barbell melewati kepala sampai tepat berada di belakang kepala, dengan posisi siku yang menekuk. 

Angkat lagi barbel ke atas kepala dengan menguatkan kedua lengan. Kemudian, kembalikan lagi posisinya ke belakang kepala. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 12-15 kali. 

2. Barbel Lateral dan Front Raise

Gerakan olahraga dengan barbel bernama Barbel Lateral dan Front Raise berguna menguatkan otot lengan dan bahu (Foto: Body Building)
Gerakan olahraga dengan barbel bernama Barbel Lateral dan Front Raise berguna menguatkan otot lengan dan bahu (Foto: Body Building)

Gerakan olahraga dengan barbel yang satu ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot bahu dan lengan. Caranya, Anda bisa berdiri dengan postur tegak. Kedua kaki dibuka sejajar dengan bahu dan masing-masing tangan memegang satu barbel. 

Kemudian, naikkan lengan ke arah samping tubuh sampai setinggi bahu secara perlahan-lahan. Lalu, turunkan tangan kembali ke posisi awal. Gerakan yang satu ini dinamakan dengan lateral raise. 

Setelah lateral raise, lanjutkan dengan front raise. Posisi badan masih sama, tetapi angkat kedua tangan yang memegang barbel ke depan, sampai setinggi bahu. Kemudian, turunkan tangan dan kembali ke posisi semula. Lakukan latihan ini sebanyak dua set, dengan masing-masing 15 kali. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1681 seconds [13]