logo
Ragam Lainnya | Detail

Macam-Macam Gerak Statis Pada Senam Lantai yang Wajib Dipelajari

Tim Sportstars
Jum'at, 18 November 2022, 19:20 WIB
Macam-Macam Gerak Statis Pada Senam Lantai yang Wajib Dipelajari
Plank, seperti yang dilakukan Olivia Jensen, termasuk macam-macam gerakan statis pada senam lantai (Foto: Instagram/@oliviajensen)

JAKARTA - Macam-macam gerak statis pada senam lantai merupakan hal yang wajib kita ketahui dan pelajari. Dengan begitu, kita dapat melakukan olahraga tersebut dengan baik dan benar.

Senam lantai merupakan senam yang dilakukan di atas lantai, biasanya beralaskan matras. Dalam senam ini, matras digunakan untuk mengurangi cedera saat melakukan olahraga ini.

Senam lantai biasanya memiliki gerakan beberapa gerakan. Adapun gerakan-gerakan tersebut adalah berguling, melompat, berputar, bertumpu dengan tangan atau kaki, bertumpu dengan punggung, bertahan untuk menyeimbangkan badan, bahkan bertumpu dengan kepala saja. 

Gerakan senam lantai biasa disebut dengan gerak statis dan gerak dinamis. Gerak statis adalah  gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat. Sedangkan gerak dinamis adalah gerakan yang dilakukan dengan berpindah tempat.

Kali ini, kami akan membahas tentang gerak statis pada senam lantai yang harus kita ketahui bersama-sama. Sportstars.id sudah merangkum macam-macam gerak statis pada senam lantai. Berikut adalah penjelasannya.

Macam-Macam Gerak Statis Pada Senam Lantai:

1. Plank

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga yang mudah dilakukan. Gerakan plank sama seperti gerak push up, tetapi gerakan ini menggunakan lengan lengan bawah sebagai tumpuannya. 

Gerakan ini bertujuan untuk menguatkan otot inti, memperbaiki postur tubuh, hingga dapat membuat perut menjadi sixpack.

Gerakan sikap lilin dalam senam lantai (Foto: The Yoga Collective)
Sikap lilin termasuk macam-macam gerak statis pada senam lantai (Foto: The Yoga Collective)

2. Sikap Lilin

Sikap lilin merupakan salah satu gerakan yang digunakan untuk melatih keseimbangan serta ketenangan tubuh. Dalam gerakan ini, kaki sampai pinggang akan diluruskan ke atas, sedangkan bagian kepala, lengan tangan, dan punggung berada di bawah.

Gerakan ini bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh, membentuk otot perut, membentuk kelenturan tubuh, serta menjaga tubuh agar tetap sehat.

3. Kayang

Kayang merupakan salah satu gerakan dalam senam lantai yang menitik beratkan tumpuan pada tangan dan kaki secara bersamaan. Tubuh berbaring telentang, bertumpu pada tangan dan kaki dengan siku dan lutut lurus, adalah ciri postur kayang.

Kayang disebut juga sebagai gerakan yang cukup sulit untuk dilakukan. Sebab, tangan dan kaki menjadi tumpuan tubuh dengan posisi terbalik. 

Gerakan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih otot kaki, tangan, dan perut. Gerakan kayang dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh khususnya di bagian bahu, perut, dan tulang belakang.

Seperti itulah macam-macam gerak statis pada senam lantai. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlatih! 

(Rizke Robiatul Alawiah)

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1998 seconds [13]