logo
Ragam Lainnya | Detail

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik dan Penjelasannya

Wikku D. Nugroho
Kamis, 19 Mei 2022, 16:30 WIB
Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik dan Penjelasannya
Salah satu atlet atletik yang menjadi selebgram adalah Alica Schmidt (Foto: Instagram/@alicasmd)

JAKARTA-Macam cabang olahraga atletik akhir-akhir ini menjadi perbincangan pecinta olahraga di seluruh penjuru dunia termasuk Asia. Pasalnya di bulan Mei ini gelaran olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Beberapa cabang olahraga (Cabor) dipertandingkan, salah satunya adalah atletik.

Dilihat dari sejarahnya, ternyata cabor atletik sudah diperlombakan di Olimpiade kuno tahun 776 SM. Balap lari, lempar lembing dan gulat merupakan cabor yang dipertandingkan kala itu. Sejak saat itu beberapa cabor pun bermunculan ragamnya hingga saat ini di berbagai ajang olahraga atletik di seluruh dunia.

Sebenarnya ada berapa saja sih macam cabang olahraga atletik yang dipertandingkan saat ini? Simak ulasan berikut ini.

Macam Macam Cabang Olahraga Atletik

  • Lari Jarak Pendek

Dalam ajang olahraga dunia seperti Olimpiade, lari jarak pendek termasuk nomor yang diperlombakan. Lari jarak pendek atau sprint memiliki beberapa kategori nomor yakni 100 meter, 200 meter dan 400 meter. 

Lari jarak pendek ini mengutamakan kecepatan dan panjang langkah dari para atletnya. Gerakan kaki dan ayunan lengan juga harus diperhatikan agar si pelari dapat mencapai garis finish dengan cepat. 

Beberapa nama atlet lari jarak pendek yang terkenal saat ini adalah Usain Bolt (Jamaika) dan Justin Gatlin (Amerika Serikat).

  • Lari Jarak Menengah

Selain jarak pendek, cabang olahraga lari juga mempertandingkan lari jarak menengah. Nomor-nomor yang dipertandingkan lari jarak menengah adalah 800 meter, 1.500 meter, 3.000 meter, 5.000 meter dan 10.000 meter.

Berbeda dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah ini tak hanya mengutamakan kecepatan namun juga teknik pernapasan dari si pelari. Salah satu nama atlet lari jarak menengah yang terkenal adalah Joshua Cheptegaei (Uganda) dan Sifan Hasan (Belanda).

  • Lari Jarak Jauh

Sedangkan lari jarak jauh hanya mempertandingkan nomor 42,195 kilometer. Untuk bisa mencapai garis finish di lari jarak jauh ini para atlet mengutamakan kecepatan, teknik pernafasan, ayunan kaki dan tangan, serta pandai mengatur capaian waktu di tiap kilometernya.

Selain teknik, mental juga harus dipersiapkan sebelum memulai lomba lari jarak jauh ini. Beberapa nama atlet lari jarak jauh yang terkenal di dunia adalah Eliud Kipchoge (Kenya) dan Suguru Osako (Jepang).

  • Lompat Tinggi

Lompat tinggi atau high jump merupakan salah satu jenis olahraga yang biasa dipertandingkan dalam ajang Olimpiade ataupun ajang lainnya. Cabor lompat tinggi ini mengutamakan teknik seperti ketinggian letak titik berat badan saat tolakan, ketinggian perpindahan titik berat badan setelah melakukan tolakan. 

Sehingga atlet lompat tinggi tersebut dapat melompati mistar dengan ketinggian yang sudah ditentukan.  Beberapa atlet lompat tinggi yang dikenal di dunia adalah Gianmarco Tamberi (Italia) dan Nicola McDermott (Australia).

  • Lempar Lembing

Olahraga lempar lembing menggunakan lembing, sejenis tombak bermaterial ringan dengan ujung logam. Ukuran yang diperbolehkan Federasi Atletik Dunia (World Athletic) memiliki berat minimal 800 gram dan panjang 2,6-2,7 meter untuk putra. Sedangkan lembing putri memiliki berat minimal 600 gram dengan panjang 2,2-2,3 meter.

Pemenang lempar lembing ditentukan dari jarak lemparan terjauh mengungguli para peserta lainnya dalam ajang perlombaan. Salah satu atlet lempar lembing terkenal di dunia adalah Neeraj Chopra (India) dan Kelsey-Lee Barber (Australia).

Demikian informasi mengenai macam cabang olahraga atletik. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca mengenai olahraga atletik.
 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2021 seconds [12]