logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Lompat Harimau: Pengertian, Teknik Dasar Hingga Manfaatnya

Hafid Fuad
Jum'at, 04 Maret 2022, 19:15 WIB
Pengertian Lompat Harimau: Pengertian, Teknik Dasar Hingga Manfaatnya
Pengertian dan Cara Melakukan Lompat Harimau bagi Pemula (Foto: Pinterest)

JAKARTA -  Lompat harimau bisa menjadi salah satu alternatif olahraga dalam ruang untuk kesehatan jantung sekaligus membentuk tubuh. Namun, tentunya ada beberapa teori yang harus dipelajari sebelum melakukan gerakan ini.

Gerakan lompat harimau sejatinya kombinasi gerakan guling kedepan, melompat, dan melayang di udara. Tapi dengan jarak yang lebih jauh dan lebih tinggi. Istilah lebih terkenal gerakan ini adalah tiger sprong. 

Mungkin olahraga yang satu ini masih kalah keren dibanding olahraga angkat beban ataupun joging. Tapi bila diseriusi lompat harimau bisa sangat bermanfaat dan irit biaya. 
Karena itu yang paling penting adalah kita wajib pahami teori lompat harimau sebelum praktik. Berikut ini Sportstars.id telah mengulas pengertian lompat harimau beserta dengan cara melakukannya. Mari simak berikut ini.

Salah satu kegiatan latihan cara melakukan gerakan lompat harimau beserta langkahnya. (Foto:  FOK. Universitas Negeri Gorontalo)

Pengertian Lompat Harimau

Lompat harimau adalah salah satu gerakan dalam senam lantai atau floor execise tanpa bantuan alat. Lompat harimau berasal dari sikap kedua lengan ketika melompat dan berguling yang menyerupai harimau. 

Gerakannya merupakan pengembangan dari gerakan guling depan, dengan gerakan melompat dan melayang di udara yang jaraknya lebih jauh dan lebih tinggi. Lompat harimau berarti gerakan melompat membusur dengan perbedaan pada awalan serta sikap mendarat.

Posisi kedua tangan lurus ke depan disamping badan saat melayang. Kemudian diteruskan dengan berguling ke depan lalu diakhiri dengan sikap  jongkok.

Peralatan yang digunakan pada lompat harimau yaitu perkakas untuk melakukan lompatan yaitu peti loncat. Kemudian, menggunakan alas berupa matras untuk mengurangi risiko cedera. 

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan gerakan lompat harimau adalah Tolakan. Semakin tinggi tubuh melayang di udara maka akan semakin lama mendarat. Kemudian kombinasi dorongan ke atas dan dorongan ke depan. Tujuannya agar semakin lama melayang di udara dan jarak loncatnya akan semakin jauh.

Kemudian juga terdapat faktor lainnya yang mempengaruhi saat lompat harimau. Seperti kondisi fisik yaitu kekuatan otot lengan, panjang lengan, otot tungkai, panjang tungkai, dan kelenturan. Ini adalah pendukung yang bisa mempengaruhi suksesnya lompat harimau.

Cara Melakukan Gerakan Lompat Harimau

Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan lompat harimau:

1. Sikap dimulai dengan berdiri. Lalu ambil ancang-ancang, dengan kecepatan disesuaikan. Kedua kaki rapat dan tumit diangkat. Dalam beberapa langkah untuk melakukan tolakan. 
 
2. Tolak kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut ditekuk dengan tujuan melompat ke atas dan ke depan. Lompat ke atas dan ke depan dengan kedua tangan lurus ke depan. Sehingga badan melayang di udara dengan posisi badan dan kaki dalam keadaan lurus. Berikutnya tungkai lurus, tangan diayunkan ke depan, dan mendarat lebih dulu pada matras.
 
3. Tekuk kepala sampai menunduk di antara kedua tangan hingga pundak menyentuh matras. Kemudian punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dalam posisi jongkok dan tangan lurus ke depan.

Manfaat Lompat Harimau

Olahraga ini diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung. Karena saat melakukan lompatan harimau, seorang pelompat butuh tenaga yang cukup besar, otot jantung pun akan bekerja secara maksimal. Meningkatnya kinerja jantung secara lebih aktif mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Secara keseluruhan, tujuan fan manfaat melakukan lompat harimau dapat melatih kekuatan otot tangan,kaki dan dapat melatih keseimbangan tubuh.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1760 seconds [12]