logo
Liga Inggris | Detail

Liga Inggris Terapkan Aturan Offside Baru untuk Musim 2022-2023

Cikal Bintang Raissatria
Rabu, 03 Agustus 2022, 12:57 WIB
Liga Inggris Terapkan Aturan <i>Offside</i> Baru untuk Musim 2022-2023
Kompetisi Liga Inggris (Premier League) akan menerapkan aturan offside baru untuk musim 2022-2023 (Foto: Reuters)

LONDON – Kompetisi Liga Inggris (Premier League) akan menerapkan aturan offside baru untuk musim 2022-2023. Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang nomor 11 sesuai yang dibuat Badan Pembuat Undang-Undang Sepakbola (IFAB).

Sebagaimana diketahui, Liga Inggris musim 2022-2023 akan dimulai dalam waktu dekat. Berbagai perubahan mengenai aturan pertandingan pun mulai diperkenalkan oleh Premiere Leagu, salah satunya adalah aturan offside.

Mengacu kepada IFAB, Premiere League akan menerapkan aturan offside baru. Meski tak banyak berubah, aturan baru ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pertandingan di kompetisi itu.

Dalam pedoman baru ini, pemain penyerang tidak akan otomatis berada dalam posisi onside jika pemain bertahan lawan tak sengaja menyentuh bola. Terkecuali, jika sang pemain bertahan berupaya untuk melakukan penyelamatan.

“Meskipun UU 11 (offside) tidak secara eksplisit berubah, pedoman baru menjelaskan bahwa pemain penyerang yang offside tidak akan secara otomatis menjadi onside saat pemain bertahan menyentuh bola, kecuali jika itu adalah penyelamatan,” tulis keterangan Premiere League, dikutip dari laman resminya, Rabu (3/8/2022).

Sementara, IFAB juga menjelaskan soal deliberate play, yang mana seorang pemain penyerang akan mendapatkan keuntungan saat berada di posisi offside. Namun, dengan catatan sang pemain penyerang itu tak sengaja mendapatkan bola dari lawan.

"'Deliberate play' adalah ketika seorang pemain menguasai bola dengan kemungkinan mengoper bola ke rekan setimnya, menguasai bola, atau membersihkan bola. Jika operan, upaya untuk mendapatkan penguasaan atau izin oleh pemain yang menguasai bola tidak akurat atau tidak berhasil, ini tidak meniadakan fakta bahwa pemain 'dengan sengaja memainkan' bola,” tulis pedoman IFAB.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1561 seconds [13]