logo
Liga Champions | Detail

Liga Champions: Kualitas Liga Spanyol Dipertanyakan, Xabi Alonso Beri Pembelaan

Rio Eristiawan
Jum'at, 28 Oktober 2022, 08:01 WIB
Liga Champions: Kualitas Liga Spanyol Dipertanyakan, Xabi Alonso Beri Pembelaan
Real Madrid jadi satu-satunya wakil Spanyol di 16 besar Liga Champions 2022-2023 (Foto: Reuters/Violeta Santos Moura)

MADRID - Pelatih Bayer 04 Leverkusen, Xabi Alonso, ikut berkomentar terkait wakil Spantol yang tersisa di Liga Champions 2022-2023. Saat ini negeri matador hanya memiliki satu wakil di 16 besar yakni Real Madrid.

Kendati demikian, ia tak setuju dengan penilaian miring terkait kualitas permainan klub di Liga Spanyol. Menurutnya, tak adil hanya satu musim melihat performa tim-tim Spanyol di kompetisi Eropa.

Kegagalan Atletico Madrid melaju ke babak 16 besar membuat Spanyol mencatatkan hasil buruk di Liga Spanyol musim ini. Pasalnya hanya Real Madrid yang berhasil melaju ke babak selanjutnya, karena Barcelona, Sevilla dan Atletico harus turun ke Liga Eropa.

Xabi pun menilai semua orang hanya berfokus ke Spanyol, tetapi tak melihat negara lain yang semakin berkembang. Meski demikian, ia menilai tim-tim asal Spanyol tetap menujukan perkembangan hebat karena setiap akhir pekan semua orang bisa melihat Liga Spanyol.

“Mengevaluasi hal-hal berdasarkan satu musim tidak adil, pertumbuhan negara lain sangat penting dan terkadang kami banyak fokus pada Spanyol, tetapi di luar negeri mereka melakukan hal-hal dengan sangat baik. Anda melihat tim lain yang kami mainkan setiap minggu dan mereka berada di level yang hebat," kata Xabi dilansir dari Football Espana, Kamis (27/10/2022).

Meski hanya memiliki satu wakil di babak 16 besar, tetapi Xabi menilai sepak bola Spanyol tetap mengagumkan. Pria berusia 40 tahun itu tak mau memberikan banyak komentar karena ingin fokus dengan pekerjaannya.

“Kualitas sepakbola Spanyol tidak perlu dipertanyakan lagi, dilihat dengan kekaguman. Tahun ini, fakta bahwa hanya satu dari empat yang telah berlalu berarti ada sesuatu yang salah, tetapi saya tidak akan membahasnya, saya sudah cukup dengan pekerjaan saya sendiri," pungkasnya.


 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1766 seconds [13]