F1 | Detail

Lewis Hamilton Diperbolehkan Pakai Perhiasan untuk Dua Balapan F1 2022

Andika Rachmansyah
Sabtu, 07 Mei 2022, 13:45 WIB
Lewis Hamilton Diperbolehkan Pakai Perhiasan untuk Dua Balapan F1 2022
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (Foto: REUTERS)

MIAMI – Pembalap Mercedes AMG-Petronas, Lewis Hamilton, mendapat kelonggaran terkait larangan penggunaan perhiasan untuk dua balapan F1 yakni di GP Miami dan GP Monako 2022. Hal tersebut didapat setelah Hamilton berdiskusi dengan komisi medis Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Sebagaimana diketahui, larangan pemakaian perhiasan dan kewajiban memakai pakaian dalam standar FIA kembali ditegakkan di Grand Prix Miami 2022. Para pilot jet darat wajib mematuhi aturan tersebut yang tercantum dalam Kode Olahraga Internasional.

Masing-masing tim harus melakukan pengecekan dua hal di atas terhadap para pembalapnya kemudian mencantumkan hasil dalam formulir pemeriksaan yang diberikan ke F1. Namun, kebijakan tersebut menuai pro-kontra di kalangan pembalap. Salah satunya Hamilton.

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

Juara dunia F1 tujuh kali itu sejak awal memang tidak sependapat. Dia bahkan hadir dalam konferensi pers dengan mengenakan tiga arloji, delapan cincin, gelang dan kalung. Hal itu merupakan bentuk protes Hamilton terhadap larangan tersebut yang menurutnya F1 terlalu mengurusi hal sepele.

Hamilton menjelaskan punya dua perhiasan yang tak bisa dilepas, termasuk tindik hidung. Dia bersikeras kalau itu tidak membahayakan karena terbuat dari platina, bukan logam biasa.

“Ini hampir seperti langkah mundur. Jika Anda berpikir itu adalah langkah yang mesti diambil sebagai olahraga dan isu lebih penting dan penyebab yang perlu difokuskan,” kata Hamilton, disadur dari Motorsport, Sabtu (7/5/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1517 seconds [13]