Ragam Lainnya | Detail

Legenda Panahan Indonesia, Leane Suniar Tutup Usia

Hadi Febriansyah
Senin, 22 November 2021, 09:55 WIB
Legenda Panahan Indonesia, Leane Suniar Tutup Usia
Legenda Panahan Indonesia, Leane Suniar (Istimewa)

JAKARTA -  Dunia olahraga Tanah Air kembali dirundung duka atas wafatnya salah seorang legenda atlet panah Indonesia, Dr.Leane Suniar Manurung MSc, SpGK, pada Minggu 21 November 2021. ia meninggal lantaran penyakit kanker usus besar yang dideritanya sejak 2019 lalu.

Upaya kemoterapi sudah pernah dilaluinya namun sayang, Legenda kelahiran 4 Februari 1948 ini tidak kunjung sembuh.

Sewaktu masih menjadi atlet, ia sempat wakili Indonesia pada Olimpiade Montreal 1976. Melansir monitorindonesia.com, kala itu Leane meraih peringkat sembilan dengan skor 2352, yang mana skor itu menyamai rekor dunia pada masanya. Di Tanah Air, Leane dikabarkan puluhan kali pecahkan rekor nasional.

Setelah pensiun, Leane sempat menjadi dosen Ilmu Gizi pada Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI). Selain itu, pada Tahun 2018, ia sempat mengemban amanah sebagai Direktur Medical & Doping Control Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).

Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) sempat memberikan penghargaan pada 17 Desember 2018 kepada Leane.

Atas meninggalnya Leane, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan duka cita mendalam. 

“Saya beserta keluarga besar KONI Pusat, turut berduka cita atas wafatnya Ibu Dr.Leane Suniar Manurung, dan saya juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi atas dedikasi Almarhumah untuk olahraga Panahan Indonesia,” ujar Marciano Norman.

“Semoga Almarhumah mendapat tempat yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Pengasih, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan,” lanjut Marciano mendoakan. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1107 seconds [13]