logo
Basket | Detail

Legenda NBA Bill Russel Meninggal Dunia pada Usia 88 Tahun

Rifqi Herjoko
Senin, 01 Agustus 2022, 06:46 WIB
Legenda NBA Bill Russel Meninggal Dunia pada Usia 88 Tahun
Legenda basket NBA, Bill Russel, dikonfirmasi meninggal dunia pada usia 88 tahun. (FOTO: REUTERS)

BOSTON – Kabar mengejutkan muncul dari dunia bola basket. Legenda basket NBA, Bill Russel, dikonfirmasi meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh keluarganya. Mereka memberitahu hal tersebut melalui media sosial pada Minggu (31/7/2022). Meski begitu, penyebab kematiannya tidak diberitahu lebih lanjut.

“Istri Bill, Jeannine, dan teman-teman serta keluarganya mengucapkan terima kasih karena telah mendoakan Bill. Mungkin Anda akan mengenang kembali satu atau dua momen menarik yang dia berikan kepada kami,” bunyi pernyataan yang diunggah oleh keluarganya, dilansir dari laman resmi NBA, Senin (1/8/2022).

Sebagai informasi, Bill Russell merupakan salah satu pemain top dalam sejarah kompetisi NBA. Dia lama bergabung di Boston Celtics dan telah memenangkan 11 kejuaraan dalam 13 tahun. Dua gelar terakhir diraihnya ketika menjadi pelatih basket.

Dia merupakan salah satu pemain yang berhasil masuk ke A Hall of Famer. Selain itu, dia sukses meraih gelar Most Valuable Player sebanyak lima kali dan All Star sebanyak 12 kali.

Pada tahun 1980, Russell terpilih sebagai pemain terhebat dalam sejarah NBA dalam sebuah voting oleh media. Dia menjadi ikon bagi klub yang lama dibelanya, Boston Celtics.

Pencapaian Bill yang mengesankan serta sikapnya melawan diskriminasi rasisme membuat dia diberikan penghargaan Medal of Freedom oleh Presiden Barack Obama pada tahun 2011. Dia disandingkan dengan sejumlah tokoh beken lain, seperti investor Warren Buffett, Kanselir Jerman Angela Merkel, serta pemain baseball top Stan Musial.

Kini, Bill Russel telah meninggal dunia di usianya yang menginjak 88 tahun. Meski begitu, pencapaiannya yang luar biasa di NBA akan terus dikenang oleh pencinta basket dunia.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1524 seconds [12]