logo
Basket | Detail

Lebanon Minta Maaf Usai Lagu Indonesia Raya Terpotong di Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023

Rio Eristiawan
Senin, 29 November 2021, 13:53 WIB
Lebanon Minta Maaf Usai Lagu Indonesia Raya Terpotong di Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023
Timnas Basket Indonesia (Foto: PERBASI)

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), Danny Kosasih, mengatakan pihak Lebanon sudah meminta maaf melalui surat perihal terpotongnya lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Danny menyampaikan bahwa penyebab tidak diputarnya lagu Indonesia Raya secara penuh karena ada masalah teknis.

Peristiwa itu terjadi pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 antara Timnas basket Indonesia melawan Lebanon di Zouk Mikael Arena, Sabtu (27/11/2021). Lagu Indonesia Raya hanya diputar sampai kalimat, "Marilah kita berseru, Indonesia bersatu" dan setelah itu lagu terhenti dan tidak dilanjutkan.

Sebelumnya, hal ini telah diungkapkan Manajer Timnas Elite Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, yang mengaku sempat kebingungan di lapangan saat lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak diputar secara utuh. Padahal hal tersebut sudah dibahas dalam pertemuan sebelum pertandingan yang berakhir 38-96 untuk kekalahan Indonesia ini.

Akibat peristiwa itu PP Perbasi secara resmi mengajukan surat protes kepada Lebanon di hari itu juga. Perbasi berharap agar pihak Lebanon meminta maaf atas kelalaian ini agar ke depan tidak terjadi hal serupa.

PP PERBASI sendiri telah mendapatkan respon positif dari Lebanon atas kejadian yang dinilai menghina Indonesia. Denny mengatakan pihak Lebanon telah mengirimkan surat permohonan maaf pada Minggu (28/11/2021).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1711 seconds [13]