logo
Hobi | Detail

Lawan Penuaan dengan Manfaat Senam Ritmik, Termasuk Jenis dan Teknik Gerakannya

Tim Sportstars
Kamis, 28 Juli 2022, 23:03 WIB
Lawan Penuaan dengan Manfaat Senam Ritmik, Termasuk Jenis dan Teknik Gerakannya
Banyak manfaatkan senam ritmik dalam gerakan yang dilakukan. ((Foto: nbcnewyork))

JAKARTA - Manfaat senam ritmik yang digagas Jean George Noverre (1727-1810), Rudolf Bode (1881-1970), dan Francia Delsartre (1811-1871) ternyata sangat beragam, terutama dari sisi kesehatan. Rajin melakukan senam irama bisa membantu menjalani gaya hidup sehat bahkan bisa melawan penuaan serta meredakan stres. 

Definisi Senam Ritmik

Senam ritmik adalah senam yang mengikuti irama musik dengan menggerakkan anggota tubuh sesuai irama dari nada-nada musik. Dinamakan senam ritmik, karena awalnya hanya senam jenis ini yang pelaksanaannya harus diiringi musik. 

Manfaat Senam Ritmik

Jika dilakukan secara rutin, di balik gerakan yang berirama, senam ritmik juga memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan. 

Melenturkan dan Menguatkan Otot

Saat badan bergerak mengikuti irama, menjadikan senam ritmik secara tidak langsung membuat otot menjadi lebih lentur dan kuat. Jika dibarengi dengan gaya hidup sehat, senam irama juga bisa mencegah tulang dari ancaman osteoporosis. Dengan rutin berlatih, senam dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah.

Meningkatkan Koordinasi, Kelincahan dan Keseimbangan tubuh

Sebenarnya, apapun olahraga senam bisa membuat meningkatkan kelincahan, keseimbangan  dan koordinasi tubuh. Sebab saat melakukan senam memang membutuhkan koordinasi yang baik. Ditambah lagi, senam ritmik memerlukan kesesuaian antara gerak tubuh dan musik. Sehingga semakin sering berlatih membuat tubuh akan terlatih dalam koordonasi.  

Membangun Kepercayaan Diri

Menurut penelitian, olahraga termasuk di dalamnya senam ritmik dapat meningkatkan produksi endorfin di dalam tubuh.  Endorfin merupakan hormon yang bertanggung jawab pada perasaan senang setelah melakukan aktivitas tertentu sehingga menghasilkan energi positif dalam tubuh. Dengan energi positif bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. 

Membantu Membentuk Tubuh Ideal 

Irama musik membuat tubuh terus bergerak. Gerakan gerakan tersebut berlangsung seusia dengan irama dan durasi musik yang dimainkan. Ditambah lagi, dalam senam irama melibatkan hampir seluruh organ tubuh mulai dari ujung kepala sampai kaki. Kondisi iut membuat senam irama efektif untuk dalam pembakaran lemak dan kalori sehingga bisa membantu membentuk tubuh ideal. 

Menghilangkan Stres

Hormon kortisol adalah hormon yang keluar saat sesorang sedang mengalami stres. Kadar kolestero bisa memunculkan banyak masalah, termasuk kesehatan. Nah, menurut sebuah penilitian yang dilakukan musim bisa membuat kadar kortisol lebih rendah. Dalam senam ritmik, selain menghasilkan hormon endorfin juga bisa menekan kadar hormon kortisol. 

Menghambat Proses Penuaan

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sangat membantu dalam peremajaan organ tubuh. Olahraga termasuk senam ritmik dapat membuat peredaran darah menjadi jauh lebih lancar sehingga organ dalam tubuh, seperti ginjal, hati, jantung menjadi lebih sehat. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1499 seconds [12]