logo
Hobi | Detail

Latihan Fisik Agar Kuat Naik Gunung Wajib Diketahui, Bisa Dilakukan di Rumah

Tim Sportstars
Kamis, 15 September 2022, 18:22 WIB
Latihan Fisik Agar Kuat Naik Gunung Wajib Diketahui, Bisa Dilakukan di Rumah
Jurnalis magang Sporstars, Adi Sekararum (dua dari kiri) saat melakukan pendakian ke Gunung Prau. (Foto: Dok Pribadi)

JAKARTA - Latihan fisik agar kuat naik gunung sangat diperlukan oleh pendaki. Naik gunung memerlukan stamina tubuh yang sehat dan bugar. Saat menaiki gunung, permukaan tanah tidak selalu landai. Banyaknya lika-liku arah, jalur yang berbatu, jalan yang licin, dan sebagainya maka perlunya latihan fisik sebelum mendaki gunung.

Latihan fisik sebelum naik gunung sangat diperlukan. Naik gunung membutuhkan kekuatan otot kaki, bahu yang kuat,serta konsentrasi penuh. Bila Anda mempersiapkan kondisi fisik yang sehat dan kuat, maka dapat mempermudah perjalanan Anda menuju puncak gunung. Mari simak penjelasan latihan fisik agar kuat naik gunung di bawah ini.

Berikut 5 Latihan Fisik Agar Kuat Naik Gunung:

Naik gunung membutuhkan kondisi tubuh yang sehat serta bertenaga, sebagai pemanasan Anda harus melakukan persiapan fisik sebelum naik gunung. Simak penjelasan di bawah ini.

  1.  Berlari

Latihan rutin yang mudah Anda lakukan yaitu berlari dengan jarak yang cukup jauh. Lari dapat membentuk kekuatan otot kaki serta melatih pernafasan. Bila otot kaki kuat dan pernafasan teratur, dapat mempermudah Anda saat perjalanan mendaki gunung.

  1. Naik Turun Tangga

Anda bisa melakukan gerakan naik turun tangga, agar otot kaki semakin kuat. Permukaan tanah di gunung tidak selalu landai. Kadang terdapat jalur lintasan menggunakan anak tangga yang cukup tinggi, sehingga perlunya latihan naik turun tangga sebelum perjalanan naik gunung.

Naik turun tangga  (Sumber: Instagram)

  1. Pola Latihan Menanjak

Segala aktivitas untuk mencapai puncak gunung dengan cara menanjak. Perlunya mencari permukaan tanah yang menanjak sebagai bentuk latihan sederhana. Bila Anda rutin melakukan latihan menanjak, kekuatan otot kaki akan semakin baik.

  1. Latihan Peregangan Bahu

Anda bisa melakukan dengan media barbel untuk mengangkat beban. Latihan bahu berguna untuk melatih kekuatan bahu dan lengan saat menggendong tas gunung, sebagai tumpuan menopang badan, dan sebagainya. Walaupun saat menanjak menggunakan bantuan alat tracking pole, perlunya kekuatan otot bahu agar tidak mudah jatuh.

  1. Squat

Latihan squat dengan gaya jongkok dan berdiri dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot pinggang, punggung dan kaki. Saat hendak menaiki gunung kekuatan otot tubuh seperti pinggang, punggung, dan kaki sangat diperlukan agar tidak mudah cedera saat perjalanan.

Itulah informasi yang telah Sportstars rangkum, semoga informasi latihan fisik agar kuat naik gunung bisa bermanfaat bagi pembaca. (Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1781 seconds [12]