logo
Ragam Lainnya | Detail

Lari Cross Country: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

Tim Sportstars
Rabu, 14 Desember 2022, 16:09 WIB
Lari Cross Country: Pengertian, Tujuan dan Manfaat
Lari Cross Country Pengertian, Tujuan dan Manfaat. (Foto: englishcrosscountry)

JAKARTA - Lari cross country : pengertian, tujuan dan manfaat akan dibahas dalam artikel ini. Dikutip dari web sevenlakesabc.com, lari cross country atau lari lintas alam adalah event lari di mana pelari bersaing menyelesaikan tantangan baik di medan terbuka atau kasar.

Medan yang digunakan pada acara ini mungkin termasuk rumput, lumpur, hutan, bukit, tanah datar dan air. Berbeda dengan lomba lari maraton yang lebih panjang, lari lintas alam biasanya tidak dilakukan di sepanjang jalan atau jalan setapak.

Pengertian Lari Cross Country

Britannica.com menjelaskan bahwa lari cross country atau lari lintas alam merupakan lari jarak jauh di atas negara terbuka. Acara diadakan selama bulan-bulan musim gugur atau musim dingin, dan banyak atlet amatir menggunakan olahraga ini sebagai sarana menjaga kebugaran dan mengembangkan stamina.

Kompetisi dari lari cross country adalah Kejuaraan Lintas Negara Dunia IAAF. Lari cross country juga tampil sebagai bagian dari pentathlon modern di Olimpiade Musim Panas. Lari cross country ditampilkan di program atletik Olimpiade antara 1912 dan 1924 tetapi khusus untuk cabang pria.

Cross country (Foto: thecrimson)

Perlombaan lari cross country secara internasional pertama diadakan pada tahun 1898 antara Inggris dan Prancis, dan pada tahun 1903 kejuaraan diadakan antara Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Pada tahun 1907 Prancis pertama kali berkompetisi di kejuaraan ini, diikuti oleh Belgia pada tahun 1924; Italia, Luksemburg, Spanyol, dan Swiss pertama kali berkompetisi pada tahun 1929; dan negara-negara lain memasuki kompetisi internasional setelah Perang Dunia II.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1831 seconds [12]