logo
Ragam Lainnya | Detail

Langkah-Langkah Renang Gaya Bebas yang Penting Diketahui

Tim Sportstars
Senin, 12 Desember 2022, 19:40 WIB
Langkah-Langkah Renang Gaya Bebas yang Penting Diketahui
Berikut adalah langkah-langkah renang gaya bebas yang penting untuk diketahui lebih lanjut. (Foto: Reuters/Carl Recine)

JAKARTA - Berikut adalah langkah-langkah renang gaya bebas yang penting untuk diketahui lebih lanjut. Sebelum kita tahu apa saja langkah-langkahnya, mari kita simak pembahasan mengenai renang gaya bebas terlebih dahulu.

Renang gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian "dicambukkan" naik turun ke atas dan ke bawah. 

Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. 

Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya renang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. 

Tidak seperti halnya gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja, kecuali gaya dada, gaya punggung, atau gaya kupu-kupu.

Berikut ini adalah langkah-langkah renang gaya bebas : 

- Gerakan meluncur

Gerakan meluncur dalam renang gaya bebas dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan air. Posisi kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang. Ketika melakukan gerakan meluncur, kondisi badan dalam keadaan rileks dan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1902 seconds [13]