logo
Hobi | Detail

Langkah Langkah Melakukan Sikap Kapal Terbang dan Kesalahan yang Kerap Terjadi

Tim Sportstars
Selasa, 27 September 2022, 17:13 WIB
Langkah Langkah Melakukan Sikap Kapal Terbang dan Kesalahan yang Kerap Terjadi
Langkah langkah melakukan sikap kapal terbang agar tidak ada kesalahan. (Foto: Tangkapan Layar e-Pjok)

JAKARTA  - Langkah langkah melakukan sikap kapal terbang harus dipahami sebelum memulai gerakan ini. Sikap kapal terbang merupakan salah satu bagian dari senam lantai. Gerakannya mudah, cukup kedua tangan dibuka, kemudian salah satu kaki diangkat. 

Melakukan sikap kapal terbang membawa sejumlah manfaat dan kebaikan untuk tubuh. Sikap kapal terbang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dengan begitu, kita dapat mengendalikan tubuh dengan lebih baik. Saat melakukan gerakan ini, bekerja secara maksimal terutama pada tubuh bagian atas. 

Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, ada baiknya ketahui terlebih dahulu langkah langkah melakukan sikap kapal terbang. Berikut Sportstars.id telah merangkum penjelasan mengenai langkah langkah melakukan sikap kapal terbang.

Langkah langkah melakukan sikap kapal terbang

  • Sikap awal melakukan sikap kapal terbang adalah berdiri tegak. 
  • Kemudian, rentangkan kedua tangan ke samping.
  • Bungkukan badan condong ke depan.
  • Angkat salah satu kaki hingga sejajar dengan badan dan kepala.
  • Arahkan pandangan fokus ke depan.
  • Tahan selama beberapa detik.
  • Kemudian kembali ke sikap semula.
  • Lakukanlah kegiatan ini secara bergantian dengan kaki yang satunya.

Selain dapat melatih keseimbangan tubuh, sikap kapal terbang juga dapat membantu kita mengetahui kaki mana yang terkuat di antara kedua kaki yang kita miliki. Hal ini sangat berguna saat akan mengikuti perlombaan yang membutuhkan ketangkasan kaki, misalnya lompat jauh atau lompat tinggi. 

Keseimbangan tubuh juga dapat dilatih dengan gerakan senam lantai lainnya, contohnya seperti sikap lilin dan mengangkat satu kaki ke belakang. Agar sikap kapal terbang dapat berdiri sempurna, tubuh harus memiliki keseimbangan dan kekuatan yang baik pada kaki.

Kesalahan yang kerap terjadi saat melakukan sikap kapal terbang: 

Biasanya, kesalahan kesalahan ini terjadi akibat kurang adanya keseimbangan ketika melakukan sikap kapal terbang. Contoh yang sering ditemukan adalah bentuk dari sikap kapal terbang yang tidak sempurna akibat kurangnya keseimbangan pada tubuh hingga tumpuan pada kaki. Badan kurang nunduk ke bawah menjadikan sikap kapal terbang tidak seperti yang semestinya. (Nur Fitriani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1782 seconds [13]