logo
Basket | Detail

Langkah-Langkah Melakukan Overhead Pass dalam Bola Basket

Tim Sportstars
Kamis, 05 Januari 2023, 19:15 WIB
Langkah-Langkah Melakukan Overhead Pass dalam Bola Basket
Jhonny Kerr melakukan overhead pass dalam permainan bola basket. (Foto: DNVR)

JAKARTA - Berikut adalah langkah-langkah melakukan overhead pass dalam bola basket yang mudah untuk dipelajari. Teknik yang harus dikuasai bukan hanya teknik mengoper dan menggiring bola, tetapi juga harus menguasai teknik passing yang menjadi cara paling efektif untuk memindahkan bola dari pemain satu menuju pemain yang lain dengan cepat.

Operan harus dilakukan dengan cepat dan tepat agar bola dapat dikuasai oleh teman yang menerimanya. Jenis operan tergantung pada situasi keseluruhan, yaitu kedudukan teman, situasi teman, timing, dan taktik yang dilakukan. Ada empat jenis operan dasar dalam permainan bola basket, yaitu chest pass (operan dada), bounce pass (operan pantul), baseball pass (operan dari samping), dan overhead pass (operan dari atas kepala).

Overhead pass adalah teknik operan yang dilakukan dengan dua tangan dengan posisi bola berada diatas kepala. Ini dilakukan untuk menghindari operan bola yang nantinya akan diserobot oleh lawan, lemparan ini juga sangat efektif untuk mengoper bola sesegera mungkin kepada rekan yang jauh dari jangkauan. 

Teknik overhead pass biasanya dilakukan saat pemain sedang dijaga ketat oleh lawan atau dilakukan saat posisi pemain berada lebih tinggi dari lawan. Lebih jelasnya berikut langkah-langkah melakukan overhead pass dalam bola basket langkah-langkah melakukan overhead pass dalam bola basket.

Langkah-Langkah Melakukan Overhead Pass dalam Bola Basket

Dilansir dari buku “Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan” oleh Kemendikbud tahun 2017, berikut langkah-langkah melakukan overhead pass:

1. Persiapan melempar bola 

- Berdiri dengan sikap melangkah ke arah lemparan. 
- Bola dipegang dengan kedua tangan di atas kepala. 
- Badan agak condong ke depan. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2820 seconds [13]