logo
Hobi | Detail

Langkah-Langkah Melakukan Guling Depan Awalan Berdiri

Tim Sportstars
Rabu, 01 Juni 2022, 04:45 WIB
Langkah-Langkah Melakukan Guling Depan Awalan Berdiri
Gerakan guling depan dalam senam lantai dilakukan tanpa bantuan alat (Foto: Reuters)

JAKARTA-Salah satu teknik senam lantai yaitu guling depan. Ini perlu untuk dimengerti apabila menggulingkan tubuh ke arah depan. Melakukan roll depan biasanya dilakukan tanpa alat bantu. 

Lalu bagaimana langkah melakukan guling depan awalan berdiri? Guling depan merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara berguling ke arah depan secara teratur mulai mulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. 

Pada saat melakukan gerak guling depan, anggota tubuh yang lebih dahulu menyentuh matras setelah tangan yaitu tengkuk. Jadi, anggota tubuh yang menjadi tumpuan gerak guling depan adalah tengkuk.

Beberapa manfaat guling depan diantaranya ialah melatih koordinasi tubuh, melatih sentra tubuh dan melatih kesadaran dalam mengontrol tubuh. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini cara melakukan guling depan dengan awalan berdiri yang benar;

Cara Melakukan Guling Depan dengan Awalan Berdiri 

  1. Gerakan ini diawali dengan sikap berdiri tegak menghadap matras. Posisikan kedua tangan lurus di samping badan. 
  2. Letakkan kedua tangan diatas matras diikuti dengan membungkukkan tangan.
  3. Kemudian, kepala masuk diantara kedua tangan. Dagu disentuh ke dada dan tengkuk menyentuh matras.
  4. Setelah itu, bergulinglah dengan bahu yang telah disentuhkan ke matras.
  5. Posisi tubuh setelah melakukan gerakan ini adalah berdiri tegak.

Demikian merupakan informasi guling depan dengan awalan berdiri. Semoga bermanfaat bagi pembaca. (Radina Maulida)

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1592 seconds [12]