logo
Basket | Detail

Langkah Kaki Saat Melakukan Lay-up Bola Basket

Intan Rachmasari
Jum'at, 12 Agustus 2022, 01:45 WIB
Langkah Kaki Saat Melakukan Lay-up Bola Basket
UTAH - Penyerang Utah Jazz Bojan Bogdanovic (44) mencoba melakukan lay up bola saat dipertahankan oleh penyerang Denver Nuggets Jeff Green (32) pada kuarter ketiga di Vivint Arena di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Rabu (2/2/2022). Setelah keh

JAKARTA - Langkah kaki saat melakukan lay-up bola basket memang perlu diperhatikan khususnya bagi para pemula. Basket adalah permainan bola besar yang dikenal memiliki banyak teknik yang perlu dikuasai. 

Salah satunya adalah Lay-Up Shoot yaitu melakukan pukulan terhadap bola yang disertai dengan lompatan dalam permainan bola basket yang diawali dengan awalan dua langkah. Lay-up adalah tembakan bola dari arah yang jaraknya sangat dekat dengan ring.

Sebelum melakukan Lay-up perlu diperhatikan langkah kaki yang dijadikan sebuah awalan. Berikut Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai cara mengatur langkah kaki saat melakukan lay-up bola basket;

Stephen Curry Final NBA

Langkah Kaki Saat Melakukan Lay-Up Bola Basket

Lay-up dapat dilakukan dengan awalan berlari atau melangkah besar dari satu arah menuju salah satu sisi ring basket. Diawali dengan berlari atau langkah besar kemudian dilanjutkan dengan gerakan melompat di sekitar ring dengan posisi kaki satu diangkat dan kaki yang lainnya sebagai tumpuan lompat. Kemudian bola dimasukan ke dalam ring menggunakan satu tangan. 

Langkah kaki saat melakukan lay-up bola basket diawali dengan kaki kanan maupun kiri. Kemudian perlu diperhatikan jumlah langkah yang dilakukan saat melakukan lay-up shoot adalah dua langkah.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, adapun cara melakukan Lay-up shoot sebagai berikut :

  1. Sikap awal saat akan melakukan Lay-up shoot  adalah berdiri tiga langkah dari depan ring atau melakukan dribbling bola ke arah ring.
  2. Saat melakukan dribbling, selalu perhatikan langkah kaki.
  3. Ketika tangan kanan melakukan dribble, maka kaki kirilah yang pertama melangkah maju dan begitu juga sebaliknya.
  4. Lay-up Shoot lebih baik dilakukan di dalam garis three point untuk mengurangi risiko cedera.
  5. Lakukan lompatan saat sudah mendekati ring. 
  6. Kemudian tembakan bola ke backboard. 

Demikian informasi mengenai langkah kaki saat melakukan lay - up bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca Sportstars.id.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1981 seconds [13]