logo
F1 | Detail

Langgar Perjanjian Kontrak, Alpine Siap Seret Oscar Piastri ke Pengadilan

Fitradian Dhimas Kurniawan
Selasa, 09 Agustus 2022, 17:45 WIB
Langgar Perjanjian Kontrak, Alpine Siap Seret Oscar Piastri ke Pengadilan
Prinsipal tim Alpine, Otmar Szafnauer, siap seret Oscar Piastri jika langgar kontrak (Foto: Instagram/Oscarpiastri)

ENSTONE - Prinsipal tim Alpine, Otmar Szafnauer, kembali angkat bicara terkait masalah pembalap timnya, Oscar Piastri. Ia mengimbau dengan tegas agar Piastri tidak mencederai kontrak dengan tim Alpine yang masih berlanjut hingga 2023 mendatang.

Sebelumnya, Alpine baru saja resmi akan ditinggalkan salah satu pembalapnya, Fernando Alonso, yang akan bergabung dengan Aston Martin pada tahun depan. Nama Piastri pun menjadi calon terkuat untuk menggantikan posisi driver asal Spanyol tersebut.

Alpine pun telah mengeluarkan rilis bahwa Piastri akan menjadi pembalapnya pada F1 musim mendatang. Namun pembalap berusia 21 tahun itu menegaskan bahwa dirinya belum menandatangani kontrak dengan Alpine.

Oscar Piastri menolak kontrak dari Alpine F1 Team untuk membalap pada F1 2023 (Foto: Reuters/Nacho Doce)
Oscar Piastri menolak kontrak dari Alpine F1 Team untuk membalap pada F1 2023 (Foto: Reuters/Nacho Doce)

Piastri dikabarkan sudah meneken kesepakatan dengan tim McLaren Racing. Namun, kesepakatan itu dibuat sebelum Alonso memutuskan untuk bergabung dengan Aston Martin.

Tentu kejadian ini membuat banyak pihak kebingungan. Termasuk Alpine yang sudah merekrut Piastri sejak 2020 lalu. Untuk mencegah hal itu, mereka merencana untuk mengangkat masalah itu ke Dewan Pengesahan Kontrak (CRB) milik F1.

CRB memang dibuat untuk mengatasi permasalahan kontrak. Namun, masih terbuka kemungkinan jika Piastri akan tetap menolak, meski kontrak dari Alpine dinyatakan sah.

Oleh sebab itu, Szafnauer berencana untuk menuntut Piastri ke Pengadilan Tinggi jika keadaan itu terjadi. Dia bahkan sudah sangat yakin jika kejadian ini bakal berlanjut ke pengadilan.

“Lebih dari 90 persen kami yakin akan membawa hal ini ke pengadilan tinggi. Jika CRB mengatakan kontraknya berlaku untuk Alpine dan dia memilih untuk hiatus selama satu tahun, maka kami akan menuju pengadilan tinggi sebagai kompensasi,” kata Szafnauer dikutip Motorsport Week, Selasa (9/8/2022).

Meski begitu, kabarnya McLaren sudah membawa kontrak Piastri ke CRB. Mereka pun diberitakan telah menyetujui kontrak Piastri bersama McLaren untuk musim depan.


 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1634 seconds [13]