logo
Bola Lainnya | Detail

Kurniawan Dwi Yulianto Sarankan Pemain Indonesia U-16 Sudah Abroad ke Eropa

Basudiwa Supraja
Kamis, 26 Januari 2023, 10:39 WIB
Kurniawan Dwi Yulianto Sarankan Pemain Indonesia U-16 Sudah Abroad ke Eropa
Kurniawan Dwi Yulianto (Sumber: Instagram)

JAKARTA - Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, menyarankan agar para pesepak bola remaja Indonesia di bawah umur 16 tahun sebaiknya sudah abroad ke Eropa. Baginya hal tersebut penting agar pesepak bola Indonesia bisa cepat adaptasi dengan intensitas permainan di Benua Biru.

Ungkapan itu disampaikan seiring dengan kabar abroadnya wonderkid Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Penggawa Persebaya Surabaya itu dirumorkan telah diminati oleh dua klub Belgia.

Melihat usia Marselino Ferdinan yang masih muda, timbul kekhawatiran daya saing di Eropa. Hal ini seiring dengan beberapa pemain abroad Indonesia yang perlahan tersingkir dari benua kiblat sepak bola dunia itu.

Seperti contoh Brylian Aldama yang sebelumnya berkarier di Kroasia bersama HNK Rijeka. Begitu juga dengan David Maulana yang kini justru pulang ke Indonesia setelah sempat cukup baik bermain di Rijeka.

Kemudian ada Bagus Kahfi yang saat ini juga belum kunjung debut dengan klub barunya di Yunani, Asteras Tripolis, sejak resmi dikontrak Agustus 2022 lalu. Terbaru, pemain yang kerap dijuluki 'Messi' Indonesia, Egy Maulana Vikri juga belum kunjung jelas nasibnya di Slovakia usai putus kontrak dengan FC ViOn Zlate Moravce sebelum Piala AFF 2022 lalu.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1894 seconds [13]