Tim Nasional | Detail

Kurniawan Dwi Yulianto Ingin PSSI Tiru Vietnam soal Pembinaan Pemain Muda

Ilham Sigit Pratama
Kamis, 13 Januari 2022, 14:53 WIB
Kurniawan Dwi Yulianto Ingin PSSI Tiru Vietnam soal Pembinaan Pemain Muda
Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Mantan penyerang Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, tidak memungkiri bahwa saat ini sepak bola Vietnam sudah lebih maju ketimbang Indonesia. Maka dari itu, ia berharap agar Indonesia, yang mana dalam hal ini adalah PSSI, bisa meniru cara Vietnam dalam membangun tim yang tangguh.

Timnas Indonesia akan menjalani sejumlah agenda sepanjang tahun 2022 ini. Pada 24 dan 27 Januari 2022, kuad asuhan Shin Tae-yong akan melakoni partai uji coba internasional dalam FIFA Matchday.

Pada Februari mendatang, Shin Tae-yong kembali bertugas menangani Timnas Indonesia U-23 pada ajang Piala AFF U-23. SEA Games 2022, Kualifikasi Piala Asia, dan Piala AFF 2022 kemudian menjadi deretan agenda lain yang akan dilakoni Timnas Indonesia.

Kurniawan pun berharap tahun sepak bola bagi Indonesia ini dijadikan momentum untuk PSSI untuk semakin memperhatikan kemajuan sepak bola Indonesia. Kurniawan berharap PSSI bisa meniru Vietnam perihal pembinaan pemain usia muda.

Kurniawan mengaku pernah mengobrol dengan asisten pelatih Vietnam U-23 pada SEA Games 2019 lalu. Dirinya pun mendapat resep rahasia Vietnam menjadi raksasa Asia Tenggara.

“Pembinaan pemain muda ini harus kuat. Saya sempat mengobrol dengan asisten pelatih Vietnam, lama saya ngobrol. Lalu saya bertanya ‘mengapa Vietnam bisa semaju sekarang sepak bolanya?” kata Kurniawan dikutip Youtube Akurasi TV, Kamis (13/1/2022).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1109 seconds [13]